Blogger Widgets

IsdiQLia

Selasa, 14 Juni 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                   :     MTs.Darul Hikmah NW Repok Nage
Mata Pelajaran                   :      Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                  :      VII/1
Standar Kompetensi          :      1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar             :      1.2    Mendeskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara di                                                          Indonesia.
Alokasi Waktu                   :      2 X 40 Menit (1 kali pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1.       Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
2.       Mennjelaskankan  kurun waktu masa Pra Aksara
3.       Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
4.       Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
5.       Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara
6.       Menyebutkan peralatan kehidupan yang dipergunakan pada masa Pra Aksara
7.       Menjelaskan pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan pada masa pra aksara.
8.       Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
9.       Menjelaskan asal usul kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ke Nusantara
10.   Melacak pada peta tempat-tempat persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
2.       Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
3.       Perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan
4.       Peniggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
5.       Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara

C.    METODE PEMBELAJARAN
1.       Diskusi
2.       Tanya Jawab
3.       Ceramah
4.       Tugas
5.       Cooperative learning

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan Pertama D
1.       Kegiatan Pendahuluan
       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
·        Apersepsi        :     Memberi pertanyaan tentang asal usul manusia
·        Motivasi          :     dijelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa Pra Aksara
2.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
Ø  Mennjelaskankan  kurun waktu masa Pra Aksara
Ø  Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
Ø  Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
Ø  Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara
Ø  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
Ø  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
Ø  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
Ø  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
Ø  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, maksimal 5 orang untuk mendiskusikan pengertian tentang :
1.      pengertian pra aksara
2.      pembagian kurun waktu masa pra aksara
3.      jenis jenis manusia purba di Indonesia
Ø  Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain agar memberikan tanggapan
Ø  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
Ø  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø  memberikan tugas rumah (tugas kelompok) untuk mengumpulkan gambar manusia masa Pra Aksara dan peninggalan kebudayaannya di Indonesia dan dikelompokkan seusia dengan kurun waktu
     

E.     SUMBER BELAJAR
1.    Buku Sekolah Elektronik IPS KTSP .
2.    Atlas Sejarah
3.    Peta
4.    Gambar-gambar fosil, artefak
5.    Globe

F.     PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara

·         Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara

·         Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.

·         Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.

·         Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.



Tes tulis


Penugasan





Tes tulis






Tes tulis













































Tes Uraian


 Tugas rumah




 Tes Uraian






Tes pilihan ganda












































 Jelaskan pengertian masa pra aksara.

Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah tampilannya secara berkelompok

Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan berilah contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan.

Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Gaya dan cara hidup manusia purba tentu berbeda dengan manusia sekarang. Cara hidup
manusia purba yang paling awal adalah.....
a. Berburu dan meramu
b. Meramu dan berladang
c. Berladang dan beternak
d. Beternak dan bertani

adanya kebudayaan abris sous roche adalah bukti bahwa manusia purba.......
a. bertempat tinggal tetap
b. bertempat tinggal sementara
c. berpindah-pindah ketempat subur
d. hidup berkelompok ditepi-tepi danau

Pendukung kebudayaan Kjokkenmoddinger adalah jenis.....
a. Megantthropus paleojavanicus
b. Pithecantropus Erectus
c. Homo Soloensis
d. Homo sapiens

Kapak yang banyak berfungsi untuk kegiatan pertanian adalah.....
a. Perimbas
b. Penetak
c. Lonjong
d. Persegi

Moko (nekara kecil) adalah bentuk peninggalan budaya jaman logam yang ditemukan di....
a. Jawa
b. Bali
c. Alor
d. Maluku

Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!




Mengetahui,
Kepala Sekolah MTs.Darul Hikmah NW






Mataram, 24 Mei 2016
Guru Mapel  IPS,




( M.SIDIK)
NIM: 15113604

Tidak ada komentar:

Posting Komentar