RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MTs.Darul Hikmah NW Repok Nage
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
1. Memahami
lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
: 1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara
di
Indonesia.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit (1 kali pertemuan)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian
masa Pra Aksara
2.
Mennjelaskankan kurun waktu masa Pra Aksara
3. Menyebutkan
jenis-jenis manusia purba di indonesia
4. Mengidentifikasi
jenis-jenis manusia Indonesia
yang hidup pada masa Pra Aksara
5.
Menjelaskan perkembangan
kehidupan pada masa Pra Aksara
6.
Menyebutkan peralatan kehidupan
yang dipergunakan pada masa Pra Aksara
7.
Menjelaskan pembagian zaman
berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan pada masa pra aksara.
8.
Mengidentifikasi
peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
9.
Menjelaskan asal usul kedatangan
nenek moyang bangsa Indonesia ke Nusantara
10. Melacak
pada peta tempat-tempat persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian dan kurun
waktu masa Pra Aksara
2.
Jenis-jenis manusia Indonesia
yang hidup pada masa Pra Aksara
3.
Perkembangan kehidupan pada
masa Pra Aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan
4. Peniggalan-peninggalan
kebudayaan pada masa Pra Aksara
5. Kedatangan dan
persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi
2. Tanya Jawab
3. Ceramah
4. Tugas
5. Cooperative learning
D.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama D
1.
Kegiatan Pendahuluan
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
·
Apersepsi : Memberi pertanyaan
tentang asal usul manusia
·
Motivasi : dijelaskan pentingnya mempelajari manusia
yang hidup pada masa Pra Aksara
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø
Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
Ø
Mennjelaskankan
kurun waktu masa Pra Aksara
Ø
Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
Ø
Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang
hidup pada masa Pra Aksara
Ø
Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra
Aksara
Ø
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
Ø
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
Ø
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
Ø
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
Ø
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
Ø
Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian
dan kurun waktu masa Pra Aksara
Ø
Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, maksimal 5
orang untuk mendiskusikan pengertian tentang :
1. pengertian pra aksara
2. pembagian kurun waktu
masa pra aksara
3.
jenis jenis manusia purba di
Indonesia
Ø Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
kelompok lain agar memberikan tanggapan
Ø
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Ø
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
Ø
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru
bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
Ø Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Ø
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Ø
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
Ø
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
Ø
memberikan tugas rumah (tugas kelompok) untuk
mengumpulkan gambar manusia masa Pra Aksara dan peninggalan kebudayaannya di Indonesia
dan dikelompokkan seusia dengan kurun waktu
E.
SUMBER BELAJAR
1. Buku Sekolah Elektronik IPS KTSP .
2. Atlas Sejarah
3. Peta
4. Gambar-gambar fosil, artefak
5. Globe
F.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra –aksara
·
Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang
hidup pada masa pra- aksara
·
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan
kehidupan yang dipergunakan.
·
Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan
kebudayaan pada masa pra-aksara.
·
Melacak
kedatangan dan persebaran nenek
moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tugas rumah
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian masa
pra aksara.
Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta
kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah tampilannya secara
berkelompok
Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan berilah
contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan.
Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko
Gaya dan cara hidup manusia purba tentu
berbeda dengan manusia sekarang. Cara hidup
manusia purba yang paling awal adalah.....
a. Berburu dan meramu
b. Meramu dan berladang
c. Berladang dan beternak
d. Beternak dan bertani
adanya kebudayaan abris sous roche adalah bukti bahwa manusia
purba.......
a. bertempat tinggal tetap
b. bertempat tinggal sementara
c. berpindah-pindah ketempat subur
d. hidup berkelompok ditepi-tepi danau
Pendukung kebudayaan Kjokkenmoddinger adalah jenis.....
a. Megantthropus paleojavanicus
b. Pithecantropus Erectus
c. Homo Soloensis
d. Homo sapiens
Kapak yang banyak berfungsi untuk kegiatan pertanian adalah.....
a. Perimbas
b. Penetak
c. Lonjong
d. Persegi
Moko (nekara kecil) adalah bentuk peninggalan budaya jaman logam yang
ditemukan di....
a. Jawa
b. Bali
c. Alor
d. Maluku
Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
di Nusantara!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah MTs.Darul Hikmah NW
|
|
Mataram, 24 Mei 2016
Guru Mapel IPS,
( M.SIDIK)
NIM: 15113604
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar