Blogger Widgets

IsdiQLia

Minggu, 16 November 2014

kata-kata mutiara dari Mahfudzot



Al_Mahfudzot 

 Mungkin jika kalian sudah mempelajari mahfudzot kalian pasti sudah belajar mahfudzot yang menerangkan tentang kesabaran.
مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ                                          
         Yang artinya: “Barang siapa yang bersabar pasti akan beruntung
          Jadi kita harus bisa bersabar dalam menghadapi kelika likuan dalam hidup ini begitu banyak coba’an yang ALLAH SWT berikan kepada umat manusia untuk menguji keimanan kita,maka dari itu kita harus sabar dalam menghadapi semua itu dengan sabar.
dan di dalam mahfudzot sudah di jelaskan bahwa orang yang sabar itu pasti beruntung dan ingsaallah akan mendapatkan apa yang dia inginkan dan dalam kata beruntung itu ada sebuah arti yaitu kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan.
sabar juga salah satu kunci keberhasilan karena jika kita tidak bersabar suatu kemungkinan yang akan kita dapat atau keberuntungan yang akan kita dapatkan itu bisa saja hilang begitu saja dan mungkin penyesalan itu akan datang menghampiri kita dan  di dalam dunia ini tidak ada yang tidak mungkin karena sesuatu hal yang mustahil bisa saja terjadi seperti kita memotong pohon tebu tetapi kita menggunakan sebuah golok yang tumpul, tetapi walaupun kita menggunakan alat yang tumpul tetapi kita harus terus berusaha dan terus bersabar sebesar apapun pohon tebu itu pasti akan bisa terpotong atau terbelah,begitu juga dengan kehidupan kita kita tidak boleh mudah putus asa kita tidak boleh gampang menyerah karna ada mahfudzot yang juga menerangkan bahwa kita itu harus mencoba baru kita akan mengetahuinya.
         Hidup itu adalah sebuah akidah dan perjuangan tetapi jika menurut  saya jika sebuah perjuangan tanpa kesabaran itu sama saja seperti ampas rokok tidak ada gunanya terbuang sia-siatidak ada yang bisa kita perbuat dengan sebuah ampas rokok. Dan pada intinya jadilah kalian orang yang sabar karna dengan sabar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan .
Al-Mahfudzot 
    Hai sekarang neng rhastri akan menjelaskan mahfudzod kembali yang pasti dengan judul yang baru juga.
رَأْسُذُ نُوْبِ الْكَدِبُ           
Yang Artinya : Pangkal dari segala dosa adalah bohong

      Jadi penjelasan dari mahfudzot ini adalah kita tidak boleh berbohong karna bohong itu dosa apalagi kita berbohong kepada orng tua kita itu pasti Allah sangat murka kepada kita dan bukan kepada orang tua saja ya kita juga tidak boleh berbohong kepada teman-teman kita dan guru-guru kita karna kalo kita sudah berbohong satu kali saja itu kita pasti akan mengulanginya dan orang yang sudah kita bohongi itu tidak akan pernah percanya dengan apa yang kita ucapkan walaupun mungkit apa yang kita katakn pada saat itu memang benar tapi tidak akan ada yang mau percaya lagi karena kita telah membohonginya.
        Dan oarang-orang yang sering sekali berbohong itu akan di masukan ke dalam api neraka yang paling dalam dan paling jahanam,jadi jangan sampai kita berbohong karna ada mahfudzot juga yang mengatakan bahwa katakanlah walaupun itu pahit  jadi kalau kita melakukan sebuah kesalahan, kita harus mengakuinya walaupun itu berat bagi kita.
              Jadi intinya jangan kalian suka berbohong karena bohong itu dosa yang paling besar.
  Al-Mahfudzot        
دَاوُوْالغَضَبَ بِالصُمْتِ             

Yang Artinya: Obatilah marah dengan diam
   Mahfudzot ini menerangkan jadi kalo kita marah jangan kita lampiaskan karna itu sangat berbahaya apalagi bagi orang yang mempunyai penyakit darah tinggi atau orang yang mudah marah dan orang yang kasar,kalo bisa ketika kita marah kita diam saja obatilah kemarahan dengan diam walaupun kita sedang marah atau pun kita sedang benar-binar kesal kepada orang teman kita kisalnya kita tidak boleh memusuhinya lebih baik kita diam agar supaya rasa kesal kita bisa hilang sedikit demi-sedikit .
Intinya obatilah marah dengan diam jangan malah memarahi orang yang telah membuat kita kesal.
Al-Mahfudzot  
Ada mahfudzot ni yang menerangkan tentang ilmu tapi ini mahfudzotnya beda ko tenang aja.
يَاأَخِىْ لَنْ تَنَالَ الْعِلْمَ اِلَابِسِتَةَ سَأُ نْبِيْكَ عَنْ تَفْصِيْلِهَا بِبَيَا نٍ: ذَكَاءٌ وَحِرْ صٌ وَاجْتَهِادٌ وَدِرْهَمٌ وَصُحْبَاةُ أًسْتَا ذٍ وَطُولُ زَمَانٍ
Yang artinya: “ wahai saudaraku engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan enam perkara,akan aku berikan kepadamu rinciannya berikut ini:
1.     Kecerdasan                                       4.  Modal
2.     Tamak ( terhadap ilmu )                5.  Berkawan dengan guru
3.     Kesungguhan                                   6. Waktu yang panjang
       Jadi kalu kalian tidak mempunyai sifat yang enam ini kalian akan susah untuk mendapatkan ilmu bahkan mungkin kalian tidak akan mendapatkan ilmu.
  *  Karna yang pertama jika tanpa kecerdasan ilmu itu akan susah untuk masuk ke dalam otak kita dan otak kitapun akan susah untuk menangkap pelajaran yang telah di kasih oleh guru kalian.
  * Dan yang ke dua adalah tamak yaitu tamak terhadap ilmu.
  * Dan yang ke tiga adalah kesungguhan yaitu kesuguhan dalam belajar kesungguhan dalm menuntut ilmu,kita harus bersungguh-sungguh karna jika kita hanya santai-santai saja dan biasa-biasa saja ilmu itu tidak akan masuk dan kita akan sulit untuk memahaminya.
   * Dan yang ke empat adalah modal,kita harus mempunyai modal untuk mencari ilmu.     
   * Dan yang ke lima adalah bergaul dengan guru jadi kita harus bisa bergaul dengan guru karena bergaul dengan guru juga bisa menjadikan kita mudah untuk memahami pelajaran yang dia berikan.
 * Dan yang paling terakhir adalah waktu yang panjang kita harus meluangkan waktu kita untuk belajar jangan hanya untuk main dan main.
        Al-Mahfudzot  
مَنْ جَدَّوَجَدَ          

Yang artinya: “Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan dapat
     
          Jadi barang siapa yang bersungguh-sungguh dia akan mendapatkan apa yang dia inginkan,jika dia bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dia akan mudah untuk memahami pelajaran yangyang di berikan oleh guru kalian, dan jika kalian sudah melihat film lima negara kalian akan melihat ketika seorang guru berusaha mengajarkan anak muridnya dengan memperaktek kannya di depan anak muridnya, guru itu berusaha memotong sebuah pohon bambu dengan menggunakan pedang tetapi golok itu di baliknya jadi dia menggunakan golong yang tumpul.
   Walaupun itu semua sulit tetapi guru itu masih terus berusaha untuk memotong tebu itu sabil mengucapkan man jadda wajada dan semua anak murid itu melihatnya dengan terkagum-kagum akan kesungguhan guru itu.
  Guru itu masih terus berusaha sampai akhirnya terpotonglah tebu itu dan dengan semangat mereka berteriak sambil mengikuti apa yang di katakan oleh guru mereka,mereka berteriak
                     MAN JADDA WAJADA
Karena dengan kesungguhan kita kita dapat menggapai cita-cita kita karna kesungguhan adalah salah satu kunci keberhasilan.


     AL-MAHFUDZOT  

لَيْسَ اليَتِيْمُ الَّذِيْ قَدْمَاتَ وَالِدُوْهُ بَلِ اليَتِيْمُ يَتِيْمُ الْعِلْمِ وَ الآَدَبِ

yang artinya : “ Bukanlah yatim itu yang telah maninggal orang tuanya, tetapi yatim itu adalah yang tidak berilmu dan beradab
   sebenarnya anak yatim itu harus kita sayangi karena anak yatim itu adalah anak yang telah di tinggal oleh ke dua orang tuanya tetap ada mahfudzot yang menerangkan bahwa anak yatim itu adalah anak yang tidak berilmu dan tidak beradab, mungkin semua itu benar karena rata-rata anak yatim itu nakal dan susah untuk di atur tapi tidak semua juga anak yatim seperti itu mungkin 89% nya seperti itu.
    Tetapi walaupun anak yatim itu nakal atau tidak mempunyai adab kita tidak boleh menyakitinya.
   Anak yatimitu harus kita sayangi karna dia hidup sebatang kara walaupun ada saudara atau siapa tetap saja kedua orang tuanya sudah tidak ada, dan kita seharusnya menjaga dan merawatnya dengan baik .
 Intinya mungkin anak yatim itu memang tidak mempunyai adab tetapi kita tidak boleh menyakitinya.
Al-Mahfudzot   

آفَةٌ العِلْمُ الّنِسْيَانُ       
        Yang artinya : Bencana ilmu adalah lupa
       Jadi bencana itu bukan hanya bencana alam saja jadi ada bencana yang juga sangat berbahaya yaitu lupa karena lupa adalah bencana ilmu.
          Karena apabila kita lupa ilmu itu bisa hilang apalagi jika kita seorang hafiz/hafizoh yang mungkin hampir setiap hari menghafal Al-qur’an itu sangat berbahaya sekali jika kita lupa akan hafalan-hafalan ayat suci itu tidak hanya berbahanya tapi sangat dosa, walaupun kita mennganggap enteng semua itu tetapi di akhirat nanti kita akan di tanya oleh para malaikat dan kita harus mempertanggung jawabkan semua perbuatan yang telah kita lakukan di Dunia.
Jika kita menghafal atau belajar kita harus selalu mengulang-ulang kembali pelajaran yang telah di berikan oleh guru atau siapapun itu agar pelajaran itu tidak mudah lupa bila perlu dan lebih bagusnya kita mengulang kembali ke pada teman-teman yang mungkin belum mengerti ketika di terangkan oleh gurunya.
  Ilmu itu harus kita amalkan karena jika ilmu itu tidak di amalkan ilmu itu tidak akan bermanfa’at dan kalo ilmu itu tidak bermanfa’at untuk apa kita belajar.
     Jadi jangan sampai kita lupa dengan ilmu yang telah kita ketahui karena itu sangat berbahanya.

Al-Mahfudzot   

مَنْ أَعَا نَكَ عَالَئ الشَرِ ظَلَمَكَ        
Yang artinya: “ Barang siapa yang telah menolongmu dalam berbuat ke jahatan, berarti dia telah menzolimimu
   Berarti orang yang telah menolongmu  dalam kejahatan itu dia adalah orang yang telah menzolimimu, karena orang itu telah menyelamatkan mu dari kejahatan,kejahatam yang telah kamu perbuat.tetapi itu tidak baik karena kamu telah melindungi orang yang salah.
      Jadi ketika temanmu itu atau oarng yang dekat dengan mu itu berbuat salah jangan kamu lindungi dia jangan kamu membelanya karna dia telah mezolimimu jika kamu menyelamatkannya biarkan lah dia bertanggung jawab akan apa yang telah dia perbuat karena itu akan membuat dia menjadi kapok dan tidak akan menlakukan kesalahan itu untuk yang ke dua kali,walawpun dia dekat dengan mu atau walau pun dia teman kamu sendiari tetapi kalau dia telah melakukan sebuah kesalahan jangan kamu membelanya dan jangan kamu menyelamatkannya.
    Dan karena kamu menyelamatkannya dia akan berfikir bahwa dia punya seseorang yang akan membelanya walaupun dia melakukan kesalahan itu,dan kamu akan menjerumuskannya dalam jurang kehancuran.

  Al-Mahfudzot   
مَوَ دَةُ الصَّدِ يْقُ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِّيْقِ
Yang artinya: “ kecintaan seorang teman terlihat pada waktu ( kamu susah ) ”
       Jadi kita akan tau teman kita baik atau tidak terhadap kita yaitu ketika kita sedang susah jika dia masih mau untuk menemani kita di sa’at kita sedang susah itu artinya dia baik ke pada kita dan dia akan adalah teman yang terbaik karena dia mau menemani kita di saat kita sedang sedih,dia bukan seorang teman yang ada ketika kita sedang senang saja tapi dia juga ada di sa’at kita sedang sedih karna seorang teman yang bisa di panggil sebagai sahabat sejati adalah seorang teman yang ada di sa’at kita sedang sedih ataupun senang.
     Di kehidupan ini seorang teman itu adalah hal yang terpenting untuk kita karena jika kita tidak punya teman maka akan terasa sepi hidup ini.

     Jadi intinya kita akan mengetahu teman kita di sa’at kita sedang susah.
Al-Mahfudzot   

اَلْعٍلْمُ صَيْدٌ وَالْكِتَابَةُ قَيْدُهُ قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالْحِبَالِ الوَاثِقَةِ

Yang Artinya : “ Ilmu ibarat binatag buruan sedangkan tulisan adalah pengikatnya, maka ikatlah buruan mu itu dengan tali yang kokoh
       Ilmu ilmu itu sangat penting bagi orang yang masih bersekolah maupun yang sudah bekerja mau tua atau pun muda,ilmu itu banyak bukan hanya 1 atau 2 saja tapi beribu-ribu ilmu kita dapat pelajari. Dengan ilmu kita bisa menjadi apa yang kita mau kita ingin menjadi dokter kita bisa asal kita mau belajar mau berdoa dan mau bersungguh-sungguh, ibaratkan lah ilmu itu sebagai binatang buruan kita jika kita subah mendapatkan buruan itu kita harus mempunyai cara agar buruan itu tidak lepas dan caranya adalah kita harus mengikatnya dengan tali yang kokoh agar si buruan kita tidak lepas, begitu juga dengan ilmu jika kita sudah mendapatkan ilmu itu kita harus mencatatnya agar ilmu itu hilang begitu saja karena kita hanyalah manusia bias ayang mudah lupa akan sesuatu hal yang sudah di sampaikan kepada kita.
Al-Mahfudzot   

وَمَا الَّذَّةُ أَلاَ بَعْدَ التَّعَبِ         
Yang artinya : Tidak ada kesenangan tanpa bersusah payah
          Gardens are not made by sitting in the shade
     Jadi kita tidak akan mendapatkan kesenangan sebelum kita mau untuk bersusah payah terlebih dahulu,karena di balik kesusahan pasti ada kesenangan dan di balik ke senangan juga pasti ada kesusahan .
Jadi jangan lah kita terlalu senang karena kita juga harus waspada takutnya kita akan mendapatkan sesuatu yang kita ridak inginkan.
Dan ada pepatah yang mengatakan bersakit-sakitlah dahulu bersenang-senanglah kemudian 
Jadi intinya kita harus mau untuk bersusah payah dahulu baru kita akan mendafatkan kesenangan seperti apa yang kita mau.
Al-Mahfudzot   
الأَعْمَالُ بِخَوَاتِمِهَا                  
Yang artinya : Setiap pekerja’an itu harus kita selesaikan dengan tuntas
    Jadi dari mahfudzot ini kita bisa mengambil contoh dari permainan sepak bola, jadi kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi  hingga satu pertandingan berakhir. Tidak boleh berputus asa sampai wasit meniup peluit panjang. Sudah begitu banyak cerita dan tregedi betapa gol-gol yang terjadi di menit-menit terakhir sungguh bisa menyesakan dada. Kemenangan yang ada di depan mata bisa saja buyar dalam sekejap, ataupun satu gol yang di lepaskan tersebut bisa mengubah nasib sebuah tim yang sudah berjuang mati-matian selama satu tahun.
    Hidup juga seperti itu. Hanya kematian atau selesainya hidup di dunia ini yang membuat kita berhenti berusaha. Sampai titik darah penghabisan,kita akan berusaha sekuat tenaga untuk berjuang mempertahankan ataupun mengembangkan diri dan usaha kita dengan baik, kekalahan,kemenangan,kegagalan,kesuksesan, adalah warna-warni hidup yang tidak akan membuat kita berhenti,warna-warni itu bak mozaik yang akan membuat kita jauh lebih baik.
 Dan christiano ronaldonpun berkata: “kita akan berjuang sampai pertandingan berakhir.
Jadi selama apapun pekerja’n itu atau sesulit apapun pekerja’an itu kita harus menyelesaikannya.
Al-Mahfudzot  
إجهدولا تكسل ولا تكن غافلا فالندامة عقبي لمن يتكاسل     

       carilah ilmu dan jangan malas, sesungguhnya kebaikan itu sangat jauh dari orang-orang yang malas
  Jadi jangan pernah berhenti di tengah jalan saat memulai sesuatu. Di butuhkan kosistensi,kerja keras dan sikap mental yang tangguh untuk bertahan,dengan ketangguhan sikap mental akan mambantu kita untuk menjembantani kesuksesan yang kita bangun.
   Kerja keras,konsistensi dan pantang menyerah itu kita bisa mendapatkan ilmu yang kita inginkan dan jangan lah kita malas dalam mencari ilmu, karena kebaikan itu sangat jauh dari orang-orang yang malas.
  Bekerja keraslah kamu dalam menuntut ilmu kalau bisa keluarkanlah seluruh tenaga mu untuk mendapatkan ilmu yang kamu inginkan.
Al-Mahfudzot   

فهب لى توبة واغفر ذنوبي فأنك غا فر الذّنب العظيم     
Yang artinya : Maka terimalah taubat hamba dan ampunilah dosa hamba, sesungguhnya engkaulah pengampun dosa-dosa besar.
 
 Ya allah hanya kepadamu hamba meminta dan hanya kepadamu hamba memohon dengarkanlah doa-do a hamba karena hanya kepada engkau hamba meminta dan memohon, ya Allah kaulah zat yang maha suasa kaulah zat yang maha kuasa, ya allah hanya kepada engkau hamba bertaubat ya Allah bukakanlah pintu taubat ke pada diriku atas segala dosa-dosa besar yang telah aku perbuat.
         Sesuatu apapun akan kita lakukan agar Allah SWT mema’afkan dosa-dosa kita tetapi itu juga jika kita memeng benar-benar bersungguh-sungguh meminta taubat kepada Allah, karena kita tau bahwa allah adalah maha pengampu dosa-dosa kita yang besar maupun yang kecil yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

    Jadi intinya bertaubatlah kaliyan kepada allah SWT jika kaliyan memang benar-benar ingin di bukakan pintu ma’af oleh allah SWT  karena hanya kepada nyalah kita bisa meminta pertaubatan sebelum kita terlambat.
   Al-Mahfudzot   
ذنوبى مثل أعداد الرمال فهب لى توبة ياذاالجلال

Yang artinya : dosa-dosaku begitu banyak bagaikan pasir yang tak terhingga, maka terimalah taubat hamba wahai yang mah atinggi
 
    Mahluk hidup di dunia ini tidak ada yang tidak mempunyai dosa pasti di sunia ini semua orang mempunyai dosa, tetapi walwpun dosa itu begitu banyak tetapi Allah masih mau mema’afkan kita jika kita benar-benar meninta taubat kepada Allah yang maha kuasa.
   Allah selalu memberikan kita beribu-ribu kali kesempatan untuk bisa memperbaiki kesalahan,dan allah akan selalu mema’afkan dosa yang telah kita perbuat,sebesar apapun dosa kita allah akan selalu mema’afkan kita tetapi jika kita benar-benar bertaubat ke padanya.
     Kita di ciptakan untuk menjalankan perintah yang telah Allah berikan kepada kita, dan kita harus menjalankannya seperti sholat  kita harus menjalankannya karena sholat adalah perintah yang allah telah perintahkan kepada umatnya untuk menjalankannya.
Al-Mahfudzot  

لا تحتقر من دو نك فلكل شئ مزيّة               
Yang artinya : janganlah kamu menghina orang lain, karena segala sesuatu itu ada kelebihannya

     Janganlah kita menghina seseorang karena itu sama saja kita menghina keluarga kita sendiri dan mangkina juga sama saja dosa karena belum tentu orang telah kita hina itu menerima dan jika memenana orang itu tidak menerima apa yang talah kita ucapkan dan hatinya telah terluka karena ucapan kita mungkin saja dia akan mendoakan kita yang tidak baik, dan itu karena kita telah menghinanya padalah apa yang telah diha itu mungkin saj asuatu kelebihan yang telah allah berikan kepada umatnya karena tidak ada mahluk allah yang sempurna kecuali allah, semua mahluk hidup di duni ini pasti punya kekurangan dan kelebihan.
    Tidak ada manusia yang ingin dirinya di hina oleh orang dan coba kaliyan pikir jika kalian menghina orang lain apa kaliyan juga imau di hina-hina di ledek-ledek apalagi keluarga kaliyan yang telah di hina pasti kaliyan tidak terima dan akan marah bukan ? jadi jangan kaliyan menghina orang lain karena bisa saja yang telah kaliyan hina itu adalah suatu kelebihan yang allah berikan kepada hambanya.
Al-Mahfudzot  
لا تكن رطبا فتعصر ولايابسا فتكسّر  
Yang artinya : janganlah kamu lembut (lembik) sehingga kamu di tindas, dan jangan pula kamu keras (kering) sehingga kamu di hancurkan
    Jadi penjelasan dari mahfudzot ini adalah jika kalian baik terhadap seseorang jangan lah kalian terlalau baik karena kalian akan di tindas, orang yang telah kalian baiki itu akan merendahkan kalian karena mungkin mereka merasa bahwa apapun yang akan dia perbuat walaupun itu telah menyakitinya dia akan mema’afkan kita.
   Dan juga jangan lah kita terlalu keras karena kekerasan yang telah kita perbuat akan menghancurkan kita.
    Alkisah di sebuah pesantren modern misalnya di suatu pesantren itu ada organisasi orang atau kelompok yang telah di pilih oleh mudirul ma’had untuk membantu nya dalam mengurus pesantrennya tersebut atau yang biasa di sebut di sekolahan lain adalah OSIS (organisasi siswa) mereka di berikan amanat untuk menjadi kakintangan nya kepala sekolah mereka di tugaskan untuk membantu menjalankan progran kerjanya kepala sekolah, dan di situlah pengurus yang bekerja menjalankan tugasnya ada saja yang tidak amanat, mereka ada yang pilih kasih terhadap A’donya ada yang tidak perdulimterhadap pekerja’annya dll.
   Dan di suatu organisasi itulah mereka bisa saja berbuat semau mereka, ada yang suka memukul mungkin karena kesal dll.
   Jadi intinya jangan lah terlalu baik dan jangan terlalu kasar karena itu bisa merugikan kita kita akan merasakan akibatnya.
Al-Mahfudzot  

ألهى عبدك العاص اتاك مقرَا بالذّنوب وقددعاك            
Yang artinya : Tuhanku.... hamba yang berdosa ini datang padamu mengakui akan dosa-dosa dan memohon padamu
    Ya tuhan kami datang kepadamu untuk meminta ampunana kepadamu atas segala dosa-dosa yang telah ku perbuat, ya tuhan ampulah aku atas segala kelalayanku yang telah lupa untuk menjalankan semu aperintah mu, bukakanlah pintu taubat untukku ya tuhan aku telah benar-benar mengkui semua kesalahanku.
     Bersungguh-sungguhlah kalian dalam meminta taubat terhadap allah SWT atas semua apa yang telah kamu lakukan atas segala dosa-dosa mu.
  Karena ingsaallah akan mengampuni semua dosa-dosamu wlawpun itu banyak bagaikan pasir,tetapi jika kamu memang benar-benar mau untuk bertaubat.   
   Dan segeralah kalian meminta ampunan kepada allah sebelum semuanya terlambat.
Al-Mahfudzot   

أصلح نفسك يصلح لك الناس         
Yang artinya: perbaikilah dirimu,niscaya orang akan baik kepadamu
   Jadi penjelasannya adalah perbaikilah dirimu maka orang-orang juga akan baik kepadamu ban jangan lah kamu mengkritik orang lain sebelum kamu memperbaiki diri kamu sendiri.
   Intinya jika kamu ingin orang itu baik terhadap kita coba lihat apa yang kurang dari kita dan ketika kamu sudah mengetahuinya coba kamu perbaiki diri mu.
Al-Mahfudzot  
الصبر يعين على كلّ عمل            
yang artinya : kesabaran itu akan membantu segala pekerja’an
      jadi kita ingin pekerjaan kita selesai kita juga harus bersabar , jika kita mengerjakan suatu pekerjaan itu akan terasa lama jika kita tidak sabar.
    Intinya segala pekerjaan yang kita lakukan itu akan terselesaikan jika kita bersabar walaupun pekerjaan itu sangat sulit dan sangat lama untuk di kerjakan tapi kita harus berusaha untuk menyelesaikannya dan bersabar untuk menunggu sampai kapan pekerjaan kita itu akan selesai
    Al-Mahfudzot  
أذا لم تستحى فاصنع ماشئت                                      
Yang artinya: jika kamu tidak tau malu, maka berkehendaklah se mau kamu
      Jadi jika kamu tidak tau malu maka berkehendaklah semau kamu lakukanlah apa yang kamu mau tidak usah memikirkan apa yang akan terjadi, mau kamu berbuat apapun kamu jangan mendengarkan suara di sekitarkamu karena kamu tidak tau malu.
        Jadi intinya jika kamu berkehendak semau kamu itu berarti kamu adalah orang yang tidak tau malu.
       Al-Mahfudzot   
من خفر خفرة وقع فيها         

Yang artinya : Barang siapa yang menggali lobang (berbuat jahat), maka ialah yang terperangkap di dalamnya
      Jadi jika kamu berbuat jahat terhadap orang lain maka kamu juga akan di jahati oleh orang lain, karena perbuatanmu juga akan di balas oleh Allah.
     Jika kamu menggali lubang kejahatan maka kamu lah yang akan masuk ke dalam lubang itu, maka jangan lah kamu berbuat jahat jika kamu tidak ingin masuk ke dalam lubang yang telah kamu galih.
    Perbuatan jahat itu merugikan orang yang telah kita jahati, jadi jika kamu tidak ingin di jahati maka kamu juga tidak boleh berbuat jahat terhadap orang lain.
   Al-Mahfudzot    
لا خير فى لذة تعقب ندما        
yang artinya : tidaklah baik suatu kenikmatan yang berakibatkan penyesalan
     jadi pengertiannya dalah suatu kenikmatan itu tidak baik jika kenikmatan itu akan berakibat penyesalan, suatu kenikmatan itu tidak menyenangkan jika suatu sa’at nanti kenikmatan itu akan manjadi suatu masalh yang besar untuk kita hingga akhirnya akan menjadi suatu penyesalan.
    Misalnya berpacaran mungkin berpacaran juga bisa kita sebut sebagai suatu kenikmatan yang allah berikan tetapi kenikmatan itu bisa jadi penyesalan untuk orang yang berpacaran tersebut, karena jika mereka tidak bisa menjaga diri mereka dari goda’an setan maka mungkin mereka akan melakukan hal yang tidak di inginkan, dan dari situlah penyesalan itu akan timbul, karena sebuah kenikmatan mereka menjadi lalai dan kalang kabut hingga mereka menyesal.
    Intinya hati-hatilah kalian dari sebuah kenikmatan yang allah telah berikan karena jika kalian tidak bisa menjaganya kalian akan menyesal.
Al-Mahfudzot     
  اجهد ولا تكسل ولاتك غفلا فندامة العقبى لمن يتكا سل 
 yang artinya : Bersungguh-sungguhlah, janganlah malas dan janganlah pula kamu lalai, karena penyelesaian adalah akibat bagi orang yang malas
      penyesalan bagi orang yang malas itu sangat wajar karena orang yang menyesal karena dirinya malas itu adalah suatu akibat yang harus di tanggung oleh orang yang malas.
          Jika kalian tidak mau menyesal maka kalian harus bersungguh-sungguh dan janganlah kalian malas karena jika kalian malas kalian akan merasa menyesal , penyesalan itu akan kalian rasakan setelah kalian melakukan suatu pekerjaan yang salah, maka kalian akan merasa menyesal.
    Jadi berpikirlah kalian sebelum berbuat sebelum anada menyesal.
Al-Mahfudzot   


 Yang artinya :” pergauilah orang yang jujur dan menepati janji ”
          Sebagai umat muslim kita harus bisa memilih teman dalam pergaulan sehari-hari terutama kita harus bisa memilih teman yang bersifat jujur dan bisa menepati janji,  dan jangan salah memilih teman kita harus berhati-hati karena teman adalah segalanya bagi kehidupan seseorang tanpa teman kita tidak bisa berbuat apa-apa dan teman bisa membuat kita baik atau sebaliknya dia bisa menjerumuskan kita .
Al-Mahfudzot  
اطلب العلم من المهد اللحد          

Yang artinya : tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat
       Dari kita di lahirkan oleh seorang ibu yang mulia kita telah di wajibkan untuk menuntut ilmu, ilmu dunia dan akhirat kita harus mengimbsngi kedua ilmu itu karena keduanya sangat penting dalam kehidupan manusiawi .
   Intinya ilmu itu sangat penting jadi kita harus menuntut ilmu dari kita kecil hingga akhir hayat
Al-Mahfudzot  
ليس الجمال بأثواب تزيننا أن الجمال جمل العلم والآدب


Yang artrinya : Keindahan bukan dari pakaian yang menghiasi diri kita, akan tetapi keindahan yang sesungguhnya adalah ilmu dan adab
   Keindahan itu tidak di lihat dari nsehelai kain yang mwah yang menghiasi diri kita, tetapi keindahan yang sebenarnya adalah keindahan ilmu dan adab, itu semua yang akna menghiasi kita dan itu yang akan memberi keindahan pada diri kita.
Al-Mahfudzot  
سو ء الخلق يعدى            
Yang artinya : Ahlak buruk itu dapat menular
 
   Akhlak yang buruk itu dapat menular apabila kita berteman dengan orang yang mempunyai akhlak yang buruk, tetapi sebaliknya jika kita berteman dengan orang yang bersifat baik maka kalian pun akan mempunyai sifat yang baik juga.
   Jadi kita harus memilih-milih teman dan kita pun harus berhati-hati dalam memilih teman jangan sembarangan karena teman juga bisa membawa kita ke dalam kehidupan yang buruk,
Al-Mahfudzot   
من تأنى نال ماتمنى         

Yang artinya : Barang siapa yang tekun (sabar) , maka ia akan mendapatkan apa yang ia cita-citakan
  Jadi jika kalian ingin mendapatkan apa yang kalian cita-citakan kalian harus tekun dan bersabar , dan kalian juga harus bekerja keras untuk mendapatkan itu semua , kalian akan mendapatkan semua itu jika kalian bersabar dan tekun.
   Jadi tekunlah kalian jika kalian ingin mendapatkan apa yang kalain cita-citakan.
Al-Mahfudzot 
من قل صدقه قلّ صديقه          

Yang artinya : Barang siapa yang sedikit kebaikannya, sedikit pula temannya
  Jadi orang yang sedikit kebaikannya maka sedikit juga lah teman nya, maka dari itu berbuat banyaklah kebaikan jika kalian ingin mempunyai teman yang ba nyak.
   Tetapi jika kalian tidak ingin memepunyai teman yang banyak maka berbuat jahatlah karena orang yang berbuat jahat akan di jauhi oleh orang-orang dan tidak akan mempunyai teman.
Al-Mahfudzot    


وعا مل النا س بما تحبّ منه دائما        
Yang artinya: Temanilah manusia dengan apa yang kamu senangi darinya
     Jika kamu mempunyai teman maka temaanilah dia dengan apa yang kamu senangi dari darinya .
   Jadi kamu bertemanlah dengan orang yang kamu senang dari diri teman kamu sendiri .
  Iontinya temanilah orang yang kamu senangi.
Al-Mahfudzot 
الكلام ينفذ ما لا تنفذه الأبر     
Yang artinya: Perkataan dapat menembus apa yang tidak dapat di tembus oleh jarum

   Sebuah ucapan itu dapat membuat orang sakit, karena perkataan itu sangat bahaya, perkataan dapat menembus apa yang tidak bisa di tembus oleh jarum sekalipun.
    Jadi berhati-hatilah jika kalian berbicara karena itu sangat berbahaya .
  Intinya jaga ucapan kita jangan asal ceplos dan jangan sembarang bicara ingat jaga hati jaga telinga jaga mata jaga pikiran
Al-Mahfudzot     

من طلب أخا بلا عيب بقى بلا أخ      
Yang artnya: Barang siapa yang mencari kawan yang tiada kekurangan (aib), maka ia tidak akan mendapatkan kawan
    Jika kalian mencari teman yang tidak mempunyai kekurangan sesuatu apa pun itu artinya kamu memilih-milih dalam berteman, itu tidak baik memang kita tidak boleh asal berteman tapi memilih dalam hal yang baiknya kita, karena berteman itu harus dengan orang yang baik.
     Maka dari itu pilihlah teman yang menurut kalian itu baik.
Al-Mahfudzot 
اد ب المرء خير من ذ هبه   
Yang artinya : Adab seseorang lebih baik dari pada emasnya
    Seseorang pasti mempunyai adab mau buruk ataupun baik itu tergantung dari kitanya sendiri, dan adab seseorang itu lebih baik dari pada emas karena adab seseorang dapat membawa kita ke jalan yang benar jika memang adab kita baik.
   Adab yang buruk itu tiodak di sukai oleh semua orang bahkan mungkin allah pun tidak menyukainya, karena adab yang tidak baik itu artinya orang itu mempunyai adab yang tidak baik jadi orang itu juga pasti tidak baik, tetapi kalo orang itu mempunyai adab yang baik berarti dia adalah orang yang baik juga karena dia mempunyai adab yang baik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar