FILSAFAT BARAT
PADA ABAD PERTENGAHAN
Filsafat yunani mengalami
kemegahan dan kejayaannya dengan hasil yang sangat gemilang , yaitu melahirkan
peradaban yunani. Menurut pandangan sejarah filsafat , dikemukakkan bahwa peradaban yunani merupakan titik tolak
peradaban manusia didunia . giliran selanjutnya adalah warisan peradaban yunani
jatuh ketangan kekuasaan romawi. Kekuasaan romawi memperlihatkan kebesaran dan
kekuasaannya hingga daratan eropa (britania), tidak ketinggalan pula pemikiran
filsafat yunani juga ikut terbawa. Hal ini berkat peran Caesar Agustus yang
mencipta masa kemasa kesusastraan latin
, kesenian , dan arsiteektur romawi.
Setelah filsafat yunani sampai
kedaratan Eropa, disana mendapakan lahan baru dalam pertumbuhannya.
Filsafat barat abad pertengahan
(476-1492) juga dapat dikatakan”abad gelap. Pendapat ini didasarkan pada pendekatan
sejarah gereja. Memang pada saat itu tindakan gereja sangat membelenggu
kehidupan manusia sehingga manusia tidak lagi memiliki kebebasan untuk
mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya. Para ahli pikir pada saat itu pun tidak
memiliki kebebasa berfikir. Apabila
terdapat pemikiran-pemikiran yang bertentangan dengan ajaran gereja, orang yang
mengemukakkannya akan mendapatkan sangsi/Hukuman berat.
Ciri-ciri pemikiran filsafat barat
abad petengahan adalah :
1.
Cara
berfilsafatnya dipimpin oleh gereja .
2.
Berfilsafat
didalam lingkungan ajaran aristoteles;
3.
Berfilsafat
dengan pertolongan augustinus dan lain-lain.
Masa Abad pertengahan ini terbagi
menjadi dua dua masa
1.
Masa patristik
2.
Masa skolastik
Masa patristik
Istilah patristik besrasal dari kata
Latin Pater atau bapak yang artinya para pemimpin gereja. Para pemimpin
ini dipilih dari golongan atas / golongan ahli fikir. Dari golongan ahli pikir
inilah menimbulkan sikap yang beragam pemikirannya. Mereka ada yang menolak dan
ada yang menerimanya.
Bagi mereka yang menolak, alasannya karena
beranggapan sudah mempunyai sumber kebenaran yaitu firman Tuhan, dan tidak
dibenarkan apabila mencari sumber kebenaran yang lain seperti dari filsafat
yunani.
Bagi mereka yang menerima, alasannya
beranggapan bahwa walaupun telah ada sumber kebenaran yaitu firman Tuhan ,
tetapi tidak ada jeleknya menggunakan filsafat yunani hanya mengambil
metodosnya saja (tata cara berfikir) . juga, walaupun filsafat yunani sebagai
kebenaran manusia , tetapi manusia juga sebagai ciptaan Tuhan. Jadi
pemakai/penerima filsafat yunani diperbolehkan selam dalam hal-hal tertentu
tidak bertentangan dengan agama.
Masa Skolastik
Istilah skolastik adalah kata sifat yang berasal dai kata
scool, yang berarti
sekolah . jad, skolastik berarti aliran atau yang berkaitan dengan sekolah.
Perkataan skolastik merupakan corak khas dari sejarah filsafat abad pertengahan.
Terdapat beberapa
pengertian dari corak khas skolastik
sebagai berikut :
a.
Filsafat
skolastik adalah filsafat yang mempunyai corak-corak semata-mata agama .
skolastik ini sebagai bagian dari kebudayaan abad kpertengahan yang religius.
b.
Filsafat
skolastik adalah filsafat yang mengabdi pada teologi atau filsafat yang
rasional memecahkan persoalan-persao’alan mengenai berpikir, sifat
ada, kejasmanian, kerohanian, baik buruk
c.
Fisafat
skolastik adalah suatus sistem filsafat yang termasuk jajaran pengetahuan
alam kodrat, akan dimasukkan kedalam bentuk sintesis yang lebih tinggi antara
kepercayaan dan akal .
d.
Filsafat
skolastik adalah filsafat nasrani karena banyak dipengaruhi oleh ajaaran gereja
.
Filsafat skolastik ini dapat berkembang dan tumbuh karena beberapa
faktor berikut :
Faktor religius
Faktor ilmu pengetahuan
Refrense
Tafsir.ahmad,1990,
filsafat umum, Bandung : Remaja rosdakarya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar