GEOGRAFI
A.
PENGANTAR
Pada
unit 6 ini mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu mengimplementasikan konsep
dasar geografi secara utuh. Kemudian setelah mengikuti perkuliahan ini
mahasiswa-mahasiswi juga diharapkan dapat menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, dan tujuan geografi, menjelaskan konsep-konsep dasar geografi, dan
mengimplementasikan konsep dasar geografi dalam kehidupan masyarakat.
B.
URAIAN
MATERI
- Pengertian Geografi
Menurut
Eratosthenes, kata geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geographika. Kata
geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan, lukisan, atau pencitraan. Dengan
demikian Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menuliskan, melukiskan, dan
mencitrakan tentang bumi beserta kehidupan yang ada di atasnya. Secara etimologis,
geografi adalah ilmu yang mempelajari dan menggambarkan keadaan bumi dan segala
sesuatu yang ada di atasnya, seperti : penduduk, fauna, flora, iklim, udara,
dan segala interaksinya (Wardiyatmoko dan Bintaro, 1999). Berdasarkan
pengertian diatas, dapat diketahui bahwa geografi senantiasa memberikan uraian
ilmiah mengenai sifat-sifat bumi dan gejala alam yang ada, termasuk sebab dan
segala akibatnya bagi kehidupan. Disamping itu juga berusaha menganalisa
berbagai kondisi yang terjadi di muka bumi untuk disesuaikan dengan kebutuhan
umat manusia (Wartoyo, 2004).
Sejak
zaman terciptanya manusia telah ada usaha untuk menggambarkan atau mencitrakan
keadaan berbagai tempat di permukaan bumi dan hubungan antara manusia dan
lingkungan alamnya. Penggambaran tentang keadaan di berbagai tempat dan
bentuk-bentuk antara manusia dan lingkungannya ini selanjutnya dikenal dengan
istilah geografi (Sumadi Sutrijat, 1998). Seiring dengan perkembangan zaman,
pengertian geografi mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan peradapan
manusia dalam memandang bumi.
Perkembangan
perumusan pengertian geografi pada kenyataannya menyangkut isi dan maknanya. Di
bawah ini beberapa pendapat pakar tentang pengertian geografi, yaitu :
1.
Menurut Hartshorne (1959)
Geografi
berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang berarti, beraturan, dan rasional
tentang sifat variabel dari permukaan bumi.
2.
Menurut Alexander (1963)
Geografi
adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.
3.
Menurut Yeates (1963)
Geografi
adalah suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari
berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
4.
Menurut R. Bintarto (1977)
Geografi
adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisa
gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai
kehidupan dan berusaha mencari fungsi dan unsur-unsur bumi dalam ruang dan
waktu.
5.
Menurut M. Daljuni
Geografi
merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan kegiatan manusia di dalam suatu
ruang.
6.
Lokakarya Geografi di Semarang 1988
Geografi
adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena grosfer dengan
sudut pandang ke lingkungan / kewilayahan dalam konteks keruangan.
7.
Menurut GBHN 1994
Geografi
adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan
di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dan lingkungannya
dalam konteks keruangan dan kewilayahan (Sumadi Sutrijat, 1999).
- Ruang Lingkup Geografi
Dalam
siklus kehidupan manusia, pemenuhan kebutuhan-kebutuhannya hidupnya tidak
secara otomatis dapat dipenuhi pada suatu daerah dimana ia berada, akan tetapi manusia
harus melakukan usaha ke tempat lain untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Dengan
demikian, perjalanan ke tempat lain tersebut akan memperluas pengalaman dan pengetahuan
manusia tentang wilayah itu. Pengalaman dan pengetahuan ini akan membawa
perubahan dalam memandang gejala alam (struktur, pola, fungsi, dan proses) dan
perilaku serta aktifitas budi daya manusia di permukaan bumi. Hal ini terjadi
karena proses kajiannya akan selalu mengkaitkan dengan lokasinya, integrasinya,
persebarannya, perkembangannya, interaksinya, dan interelasinya dalam lingkup
analisis keruangan, kewilayahan, ekologis, sistem, dan sejarah perkembangannya.
Dalam lingkup wilayah penelitian, kajian ini dipandang sebagai suatu
keseluruhan (holistic) dan sebagai bagian dari keseluruhan wilayah
penelitian secara lebih mendalam sehingga dapat diperoleh gambaran tentang
persamaan dan perbedaan daerah yang satu dengan daerah yang lain.
Kajian
geografi berdasarkan ilustrasi di atas mempunyai ruang lingkup yang luas
sehingga disiplin ilmu lainnya banyak yang berkaitan dengan geografi. Keterkaitan
geografi dengan disiplin ilmu lain ini dapat dibedakan menurut aspek fisik dan
aspek sosial. Selanjutnya pembahasan yang berkaitan dengan Ilmu aspek fisik
disebut dengan geografi fisik dan pembahasan yang berkaitan dengan aspek sosial
disebut dengan geografi sosial.
Objek
geografi fisik merupakan kajian yang secara khusus membahas tentang unsur-unsur
alam mengenai bumi yang menyangkut tanah, udara, air, relief, iklim, dan semua
fenomena alam yang langsung dapat diamati. Disiplin ilmu yang berkaitan dengan
objek geografi fisik ini adalah : biologi, kimia, astronomi, dan sebagainya.
Sebagai contoh hubungan geografi dengan biologi yang telah melahirkan ilmu
baru, yakni biogeografi (Sudibyakto, 2004). Objek geografi sosial merupakan
kajian yang secara khusus membahas tentang kehidupan manusia, seperti jumlah
penduduk, penyebaran penduduk, kepadatan penduduk, kegiatan ekonomi, dan segala
aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia. Disiplin ilmu yang berkaitan
dengan objek geografi sosial ini adalah : antropologi, sejarah, politik,
ekonomi, dan sebagainya. Sebagai contohnya hubungan geografi dengan antropologi
yang telah melahirkan ilmu baru, yakni antrogeografi (Priyadi, 2007).
Menurut
Priyadi (2007), ruang lingkup kajian geografi meliputi:
- Persebaran dan keterikatan penduduk di muka bumi;
- Hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik; dan
- Kerangka regional dan analisis dari region yang mempunyai ciri tertentu.
Menurut
Hagget (1979), bentuk objek ilmu Geografi meliputi:
- Permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusia;
- Organisasi keruangan manusia dan hubungan ekologis manusia dengan lingkungannya; dan
- Kekayaan dan keragaman bumi.
Menurut
Chilson (1975), ruang lingkup kajian geografi meliputi:
- Pencatatan dan deskripsi gejala dipermukaan bumi;
- Studi tentang hubungan dari gejala di daerah–daerah tertentu; dan
- Penelitian masalah- masalah yang berdimensi keruangan khususnya identifikasi pentingnya ruang sebagai suatu variabel.
Pendapat
lain menyebutkan bahwa objek studi geografi ada 2, yaitu : objek material dan
objek formal (Priyadi, 2007). Objek material merupakan semua gejala yang
terjadi di permukaan bumi. Gejala ini dikenal dengan istilah geosfer yang
terdiri atas :
- Litosfer (lapisan kulit bumi);
- Hidrosfer (lapisan air dalam bumi);
- Biosfer (seluruh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungan);
- Aatmosfer (lapisan udara); dan
- Antrosposfer (lapisan manusia dan kehidupannya).
Sedangkan
untuk objek formal adalah cara pandang atau cara berpikir mengenai bentuk objek
material (Purbowati, 2004). Objek formal ini terdiri atas :
- Spatial pattern yang merupakan pola dari sebaran gejala tertentu dimuka bumi;
- Spatial system yang merupakan keterkaitan sesama antar fenomena di muka bumi; dan
- Spatial process yang merupakan perkembangan yang terjadi di muka bumi.
- Tujuan Geografi
Sama
halnya tujuan dalam bidang-bidang ilmu yang lain, tujuan pembelajaran geografi
bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara herarki, tujuan pendidikan
nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap
jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini,
secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran,
termasuk juga bidang studi geografi. Akhirnya tujuan kurikuler ini, secara
praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan
pembelajaran.
Gambar
9.4 : Pemancar
C.
LATIHAN
1.
Amatilah
dengan teliti gambar di atas kemudian berikan komentar sesuai dengan
pengertian, ruang lingkup dan tujuan geografi !
2.
Hasil
komentarnya dituliskan pada lembaran masing-masing dan dikumpulkan pada
pertemuan berikutnya !
D. RANGKUMAN
Merangkum
pendapat beberapa ahli, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan,
menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisa gejala-gejala alam dan penduduk,
serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari
fungsi dan unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. Geografi merupakan ilmu
pengetahuan yang mengajarkan kegiatan manusia di dalam suatu ruang. Geografi
adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena grosfer dengan
sudut pandang ke lingkungan / kewilayahan dalam konteks keruangan.
Sementara
ruang lingkup kajian geografi meliputi persebaran dan keterikatan penduduk di
muka bumi; hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik;
kerangka regional dan analisis dari region yang mempunyai ciri tertentu; permukaan
bumi sebagai lingkungan hidup manusia; organisasi keruangan manusia dan
hubungan ekologis manusia dengan lingkungannya; dan kekayaan dan keragaman
bumi; pencatatan dan deskripsi gejala dipermukaan bumi; studi tentang hubungan
dari gejala di daerah–daerah tertentu; dan penelitian masalah- masalah yang
berdimensi keruangan khususnya identifikasi pentingnya ruang sebagai suatu
variabel.
E.
PENILAIAN
1.
Jelaskan
tentang pengertian dan ruang lingkup pembicaraan geografi !
2.
Jelaskan
tujuan belajar geografi !
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar