Blogger Widgets

IsdiQLia

Minggu, 14 Desember 2014

Makalah Bahasa Arab



index.jpg
وَظِيْفَةُالُّغَةِالْعَرَبِيَّةِ
فِي الْبَيْتِ
اِعْدَادُ
الْمَجْمُوْعَةُ 2 الثَانِى
الأَعْضَاءُ :
1511360
 اَغُسْ سُوَنْدِ
1
1511360
اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
2
    151136047
مُحَمَّدْصِدِّيْقْ
3
   151136081
نِرْوَتِ
4
1511360
شَيْفُ الْفَحْمِى
5
1511360
سِتِ حَجَرْ بَلَيْ
6
     151136046
ايدِ جَنْوَرْسَفُتْرَ
7
الفَصْلٌ : ب
اْلأُسْتَذُ : نَصَارُالدِّيْن
جَمِعَةُمَاتَرَامْ الْإِسْلَامِيَّةْالْحُكُوْمِيَّةْ
كَلِيَةِالْعُلُوْمِ الْعَرَبِيَّةِوَالْمُعَلِمِيَّةِ
سُعْبَةُ : الْعُلُوْمُ الْإِجْتِمَاعِيَّةُ (الفصَادِّيَّةْ)
الْعَامُّ الدِّرَاسَيُّ 2013.2014
كَلِمَةِالشُّكْرِوَالتَّقْرِيْرِ

Alhamdulillahirrrahmanirrahim, assalatuassalamu’ala asrafil aaaanbiai wal mursalin waala alihim wasahbihim ajma’in.
Pertama Fuji syukur kami ucapkan kehadirat ALLAH SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah Bahasa Arab, dengan baik.
Kedua Shalawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada junjungan alam Nabi Besar Kita Nabi MUHAMMAD SAW. Yang telah membawa kita dari alam yang gelap gulita kea lam yang terang menderang , Alhamdulillah
Dan yang ketiga Tak lupa pula ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dosen Pengampu Mata kuliyah Matriks Bahasa Arab II yang telah membimbing kami, dengan sepenuhnya.
Kritik dan saran kami harapkan demi kesempurnaan pada penyusunan makalah ini . akhirnya semoga makalah yang kami susun ini bermanfaat bagi kita semua. amiieenn

penyusun
أ
 
Kelompok II
الْمُحْتَوِيَاتْ
1. كَلِمَةِالشُّكْرِوَالتَّقْرِيْرِ................................................................أ
2. الْمُحْتَوِيَاتْ........................................................................ب
3. مُقَدِّمَةٌ...........................................................................1
4.بَحْثٌ.............................................................................2
5.خَلَاصَةُ............................................................................4
6. قَائِمَةٌالمَرَجِعِ...................................................................... 5















ب
 
 
مُقَدِّمَةٌ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Al-hamdulillahi Robbil ‘Aalamiin wash sholaatu was salaamu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad wa ‘alaa Aalihi wa Ashhaabihi wa man tabi’ahum bi ihsaan ilaa yaumil qiyaamah.
Ammaa ba’du: Sesungguhnya bahasa arab adalah bahasa yang dipilih Alloh untuk agama ini, dan tidak ada keraguan bagi seorang pun bahwasanya bahasa arab beserta ilmu-ilmunya di dalam ilmu-ilmu Islam adalah menempati kedudukan lisan dari anggota badan manusia, dan tidak terlalu berlebihan kalau kita katakan: bahkan seperti kedudukan hati di dalam jasad. Ini disebabkan karena bahasa arab adalah bahasa agama Islam yang paling tinggi, dengannya diturunkan Al-Qur’an sebagaimana Firman Alloh Ta’ala:
إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa arab supaya kamu memahami(nya). {Az-Zukhruf : 3}.
1
 
Berkata Ibnu Katsir rohimahulloh Ta’ala: Karena sesungguhnya bahasa arab adalah sefasih-fasih bahasa, sejelas-jelas bahasa, bahasa yang sangat luas dan paling lengkap, serta bahasa yang paling banyak menyampaikan kepada makna-makna yang diterima oleh jiwa, maka oleh karena inilah diturunkan kitab–kitab yang paling mulia dengan bahasa-bahasa yang paling mulia………sampai akhir ucapan beliau rohimahulloh.
Berkata syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahulloh di dalam kitabnya Iqtidho Ash-shiroothol Mustaqiim hal. 162: Sesungguhnya Alloh tatkala menurunkan kitab-Nya dengan lisan orang-orang Arab, dan menjadikan Rosul-Nya sebagai muballigh dari-Nya yang menyampaikan Al-Qur’an dan Al-Hikmah dengan lisannya orang Arab, serta menjadikan As-Saabiquun (para sahabat Nabi) berbicara dengan lisan orang Arab, maka tidak ada jalan untuk memelihara agama ini dan mempelajarinya kecuali dengan memelihara lisan orang Arab ini. Sehingga mempelajarinya merupakan bagaian dari agama, dan menyampaikan kepada penegakan syiar-syiar agama.
بَحَثٌ
فِي الْبَيْتُ
تَسْكُنُ عَئِلَةُ اَحْمَدْ فِي الْبَيْتِ الْكَبِيْرِ, وَهِيَ عَئِلَةٌ نَشِيْطَةٌ كَثِيْرَةٌ, هَذَاوُالِدُاَحْمَدْ فِي الْحَدِيْقَةِيَغْسِلُ السَّيَّارَةُ, وَهَذِهِ وُالِدَةُ فِي الْمَطْبَخِ تُعِدُّطَعَامِ الْغَدَاءِ, وَهَذِهِ اُخْتُهُ فِي الْغُرْفَةِالطَّعَامِ وَهِيَ تَنْظِيْفُ الْمَائِدَةُ, وَهَذَا جَدُّهُ فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ وَهُوَيَجْلِسُ خَلَفَ الطَّاوَلَةٌ يَسْتَمِعُ اِلَى الرَدِيُّوْ, وَهَذِهِ جَدَّتُهُ فِي الْحَمَّامِ هِيَ تَغْسِلُ الْمَلَابِسُ, وَهَذَا اَحْمَدْ فِي غُرْفَةِ الْمَكْتَبَةُ وَهُوَيقرأ . فِي الظُّهُرِ تُصَلِّي العَئِلَةُ ثُمَّ تَجْلِسُ حَوْلَ الْمَائِدَةُ وَ تَتَنَاوُلِ الْغَدَاءِ

الْمُفْرَدَةْ
الإندنسييا
العربي
الإندنسييا
العربية
aktivitas/kegiatan
نشيطة
rumah
البيت
banyak
كثير
keluarga
عئلة
kebun
حديقة
Tinggal/menetap
سكن-يسكن
mobil
سيارة
Besar
كبير
pakaian
الملابس
Mencuci
غسل-يغسل
perpustakaan
المكتبة
Dapur
مطبخ
Kamar mandi/WC
الحمام
Saudara (lk)
اخ
bangku
الطاولة
Saudara (pr)
اخت
membaca
قرأ-يقرأ
Kakek
جد


Nenek
جدة


Mendengarkan
استمع-يستمع


Makan siang
طعام الغداء



2
 
 
ترجمة
Di Rumah
Keluarga ahmad tinggal di rumah yang besar, dan dia adalah keluarga dengan aktivitas yang banyak, ini anak(lk) ahmad  di kebun mencuci/mandikan mobil. Dan ini anak (pr) di dapur menyiapkan makan siang, dan ini saudara(pr)nya di ruang makan dan dia sedang membersihkan meja makan dan ini kakeknya di ruang tamu dan di duduk di atas bangku mendengarkan radio, dan ini neneknya di kamar mandi dia sedang mencuci pakaian, dan ini ahmad di ruang perpustakaan dan dia sedang membaca, di waktu zuhur keluarganya solat kemudian duduk diatas meja makan  dan menyantap makan siang..












 3
 
 
خَلَاصَةُ
Keluarga ahmad yang banyak dengan kesibukan/ aktivitasnya masing-masing.  























4

 
 
قَائِمَةٌالمَرَجِعِ

االعربية لطلبةالجامعةالمبتدئين 1
قاموس الإندونيسياوالإنجليسي والعربي "الوضيح"
الغةالعربية "الإخلس"


5
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar