وَظِيْفَةُالُّغَةِالْعَرَبِيَّةِ
فِي الْبَيْتِ
اِعْدَادُ
الْمَجْمُوْعَةُ 2 الثَانِى
الأَعْضَاءُ :
1511360
|
اَغُسْ سُوَنْدِ
|
1
|
1511360
|
اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
|
2
|
151136047
|
مُحَمَّدْصِدِّيْقْ
|
3
|
151136081
|
نِرْوَتِ
|
4
|
1511360
|
شَيْفُ الْفَحْمِى
|
5
|
1511360
|
سِتِ حَجَرْ بَلَيْ
|
6
|
151136046
|
ايدِ جَنْوَرْسَفُتْرَ
|
7
|
الفَصْلٌ : ب
اْلأُسْتَذُ : نَصَارُالدِّيْن
جَمِعَةُمَاتَرَامْ الْإِسْلَامِيَّةْالْحُكُوْمِيَّةْ
كَلِيَةِالْعُلُوْمِ الْعَرَبِيَّةِوَالْمُعَلِمِيَّةِ
سُعْبَةُ : الْعُلُوْمُ الْإِجْتِمَاعِيَّةُ (الفصَادِّيَّةْ)
الْعَامُّ الدِّرَاسَيُّ 2013.2014
كَلِمَةِالشُّكْرِوَالتَّقْرِيْرِ
Alhamdulillahirrrahmanirrahim,
assalatuassalamu’ala asrafil aaaanbiai wal mursalin waala alihim wasahbihim
ajma’in.
Pertama Fuji syukur kami ucapkan
kehadirat ALLAH SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita
semua sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah Bahasa Arab, dengan baik.
Kedua Shalawat serta salam tidak lupa
kita haturkan kepada junjungan alam Nabi Besar Kita Nabi MUHAMMAD SAW. Yang
telah membawa kita dari alam yang gelap gulita kea lam yang terang menderang ,
Alhamdulillah
Dan yang ketiga Tak lupa pula ucapan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dosen Pengampu Mata kuliyah
Matriks Bahasa Arab II yang telah membimbing kami, dengan sepenuhnya.
Kritik dan saran kami harapkan demi
kesempurnaan pada penyusunan makalah ini . akhirnya semoga makalah yang kami
susun ini bermanfaat bagi kita semua. amiieenn
penyusun
|
||
|
الْمُحْتَوِيَاتْ
1.
كَلِمَةِالشُّكْرِوَالتَّقْرِيْرِ................................................................أ
2. الْمُحْتَوِيَاتْ........................................................................ب
3. مُقَدِّمَةٌ...........................................................................1
4.بَحْثٌ.............................................................................2
5.خَلَاصَةُ............................................................................4
6. قَائِمَةٌالمَرَجِعِ......................................................................
5
|
مُقَدِّمَةٌ
بِسْمِ
اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Al-hamdulillahi
Robbil ‘Aalamiin wash sholaatu was salaamu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad wa ‘alaa
Aalihi wa Ashhaabihi wa man tabi’ahum bi ihsaan ilaa yaumil qiyaamah.
Ammaa
ba’du: Sesungguhnya
bahasa arab adalah bahasa yang dipilih Alloh untuk agama ini, dan
tidak ada keraguan bagi seorang pun bahwasanya bahasa arab beserta ilmu-ilmunya
di dalam ilmu-ilmu Islam adalah menempati kedudukan lisan dari anggota badan
manusia, dan tidak terlalu berlebihan kalau kita katakan: bahkan seperti
kedudukan hati di dalam jasad. Ini disebabkan karena bahasa arab adalah bahasa
agama Islam yang paling tinggi, dengannya diturunkan Al-Qur’an sebagaimana
Firman Alloh Ta’ala:
إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Sesungguhnya
Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa arab supaya kamu memahami(nya).
{Az-Zukhruf : 3}.
|
Berkata syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
rohimahulloh di dalam kitabnya Iqtidho Ash-shiroothol Mustaqiim hal. 162: Sesungguhnya Alloh tatkala
menurunkan kitab-Nya dengan lisan orang-orang Arab, dan menjadikan Rosul-Nya
sebagai muballigh dari-Nya yang menyampaikan Al-Qur’an dan Al-Hikmah dengan
lisannya orang Arab, serta menjadikan As-Saabiquun (para sahabat Nabi) berbicara
dengan lisan orang Arab, maka tidak ada jalan untuk memelihara agama ini dan
mempelajarinya kecuali dengan memelihara lisan orang Arab ini. Sehingga
mempelajarinya merupakan bagaian dari agama, dan menyampaikan kepada penegakan
syiar-syiar agama.
بَحَثٌ
فِي الْبَيْتُ
تَسْكُنُ عَئِلَةُ اَحْمَدْ فِي الْبَيْتِ الْكَبِيْرِ, وَهِيَ
عَئِلَةٌ نَشِيْطَةٌ كَثِيْرَةٌ, هَذَاوُالِدُاَحْمَدْ فِي الْحَدِيْقَةِيَغْسِلُ
السَّيَّارَةُ, وَهَذِهِ وُالِدَةُ فِي الْمَطْبَخِ تُعِدُّطَعَامِ الْغَدَاءِ, وَهَذِهِ
اُخْتُهُ فِي الْغُرْفَةِالطَّعَامِ وَهِيَ تَنْظِيْفُ الْمَائِدَةُ, وَهَذَا جَدُّهُ
فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ وَهُوَيَجْلِسُ خَلَفَ الطَّاوَلَةٌ يَسْتَمِعُ اِلَى
الرَدِيُّوْ, وَهَذِهِ جَدَّتُهُ فِي الْحَمَّامِ هِيَ تَغْسِلُ الْمَلَابِسُ, وَهَذَا
اَحْمَدْ فِي غُرْفَةِ الْمَكْتَبَةُ وَهُوَيقرأ . فِي الظُّهُرِ تُصَلِّي العَئِلَةُ
ثُمَّ تَجْلِسُ حَوْلَ الْمَائِدَةُ وَ تَتَنَاوُلِ الْغَدَاءِ
الْمُفْرَدَةْ
الإندنسييا
|
العربي
|
الإندنسييا
|
العربية
|
aktivitas/kegiatan
|
نشيطة
|
rumah
|
البيت
|
banyak
|
كثير
|
keluarga
|
عئلة
|
kebun
|
حديقة
|
Tinggal/menetap
|
سكن-يسكن
|
mobil
|
سيارة
|
Besar
|
كبير
|
pakaian
|
الملابس
|
Mencuci
|
غسل-يغسل
|
perpustakaan
|
المكتبة
|
Dapur
|
مطبخ
|
Kamar
mandi/WC
|
الحمام
|
Saudara
(lk)
|
اخ
|
bangku
|
الطاولة
|
Saudara
(pr)
|
اخت
|
membaca
|
قرأ-يقرأ
|
Kakek
|
جد
|
|
|
Nenek
|
جدة
|
|
|
Mendengarkan
|
استمع-يستمع
|
|
|
Makan siang
|
طعام الغداء
|
|
ترجمة
Di Rumah
Keluarga
ahmad tinggal di rumah yang besar, dan dia adalah keluarga dengan aktivitas
yang banyak, ini anak(lk) ahmad di kebun
mencuci/mandikan mobil. Dan ini anak (pr) di dapur menyiapkan makan siang, dan
ini saudara(pr)nya di ruang makan dan dia sedang membersihkan meja makan dan
ini kakeknya di ruang tamu dan di duduk di atas bangku mendengarkan radio, dan
ini neneknya di kamar mandi dia sedang mencuci pakaian, dan ini ahmad di ruang
perpustakaan dan dia sedang membaca, di waktu zuhur keluarganya solat kemudian
duduk diatas meja makan dan menyantap
makan siang..
|
خَلَاصَةُ
Keluarga ahmad yang banyak dengan
kesibukan/ aktivitasnya masing-masing.
|
قَائِمَةٌالمَرَجِعِ
االعربية لطلبةالجامعةالمبتدئين 1
قاموس الإندونيسياوالإنجليسي والعربي "الوضيح"
الغةالعربية "الإخلس"
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar