Blogger Widgets

IsdiQLia

Minggu, 14 Desember 2014

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, DAN TUJUAN IPS




PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, DAN
TUJUAN IPS


A.   Pengantar

Uraian materi pada  bab ini akan membahas tentang pengertian, ruang lingkup, dan tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penguasaan terhadap konsep utama IPS pada bab ini, akan menjadi modal bagi mahasiswa-mahasiswi untuk mempelajari bab-bab selanjutnya. Setelah mempelajari bab ini, Mahasiswa-mahasiswi diharapkan mampu memahami konsep IPS secara utuh, dan secara lebih spesifik diakhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan dapat:1) menjelaskan pengertian IPS, 2) menjelaskan ruang lingkup kajian IPS, dan 3) menjelaskan tujuan IPS.

B.   Uraian Materi

  Uraian materi pada bab ini diawali dengan membahas pengertian IPS yang dikaji sebagai satu disiplin keilmuan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai perguruan tinggi.

1. Pengertian IPS

Istilah IPS merupakan terjemahan dari istilah social studies. Dengan demikian IPS dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, dapat dilakukan dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS
Rumusan tentang pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli social studies atau ahli IPS dan untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang pengertian dua istilah tersebut, maka penting untuk dikemukakan pendapat beberapa ahli berikut ini.

  1. Edgar B Wesley menyatakan bahwa: social studies are the social sciences simplified for paedagogieal purposes in school. The social studies consistof geografy history, economic, sociology, civics and various combination of these subjects.
  2. John Jarolimek mengemukakan bahwa: The social studies as a part of elementary school curriculum draw subject-matter content from the social science, history, sociology, political science, social psychology, philosophy, antropology, and economic. The social studies have been defined as “ those portion of the social science... selected for instructional purposes”

Demikian beberapa pengertian social studies yang dikembangkan di Amerika Serikat oleh beberapa tokoh pendidikan terkenal. Selanjutnya pengembangan IPS di Indonesia banyak mengambil ide-ide dasar dari pendapat-pendapat yang dkembangkan di Amerika Serikat tersebut. Adapun menyangkut tujuan, materi dan penanganannya dikembangkan sendiri sesuai dengan tujuan nasional dan aspirasi masyarakat Indonesia. Hal ini didasarkan pada realitas, gejala, dan problem sosial yang menjadi kajian IPS tidak sama dengan negara-negara lain. Setiap negara memiliki perkembangan dan pengembangan social studies atau IPS yang berbeda, dengan ke-khasan masing-masing.
Adapun pengertian IPS di Indonesia dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan dan IPS di antaranya:

  1. Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
  2. IPS menurut Nu’man Somantri mempunyai arti  sebagai pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD,SLTP dan SLTA.Penyederhanaan,mengandung arti: a) menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di Universitas, menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir para siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan, b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial  dan kehidupan masyarakat, sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna.
  3. Adapun S. Nasution, mendefinisikan IPS dengan: IPS adalah pelajaran yang merupakan suatu fusi atau paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Lebih lanjut dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubngan dengan peranan manusia di dalam asyarakat  yang erdiri atas berbagai subjek: sejarah, ekonmi, geografi, sosiologi, antropologi pemerintahan dan psikologi sosial.
  4. Lebih Luas Tim IKIP Surabaya mengemukakan  bahwa IPS adalah suatu bidang study yang menghormati, mempelajari, mengolah dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benar-benar dapat dipahami dan memperoleh pemecahannya. Penyajian harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, di sederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah-sekolah.
Dengan demikian, IPS bukan Ilmu sosial, pembelajaran  IPS yang dilaksanakan, baik pada pendidikan dasar maupun pada pendidikan tinggi, tidak  menekankan pada aspek teoritis keilmuaannya, melainkan lebih ditekankan pada aspek  praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala dan masalah sosial masyarakat, yang tentu bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing.
Adapun Lingkup kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat  dilakukan dalam lingkungan yang terbatas yaitu lingkungan sekitar siswa   maupun dalam lingkungan yang luas yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengan demikian para siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan diekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia.
Bertolak dari uraian di atas, maka kegiatan belajar mengajar IPS membahas manusia dengan lingkungannya dari berbagai sudut ilmu sosial pada masa lampau, sekarang dan masa mendatang, baik pada lingkungan yang dekat maupun lingkungan yang jauh dari siswa. Oleh karena itu, guru IPS harus sungguh-sungguh memahami apa dan bagaimana bidang studi IPS itu.

2. Ruang Lingkup Kajian IPS.

Secara mendasar , pembelajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya. IPS berkenan dengan cara manusia memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan untuk memenuhi materinya, budayanya, kejiwaannya, pemamfaatan sumber-daya yang ada dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan pemerintahannya maupun kebutuhan lainnya dalam rangka mempertahankan kehidupan masyarakat manusia. Singkatnya mempelajari, menelaah-mengkaji sistem kehidupan manusia di permukaan bumi ini dalam konteks sosialnya atau manusia sebagai anggota masyarakat.
Mengingat manusia dalam konteks sosial itu demikian luasnya, maka pengajaran IPS di tiap jenjang pendidikan harus dibuat batasan-batasan sesuai dengan kemampuan peserta didik pada tingkat masing-masing jenjang, sehingga ruang lingkup pengajaran IPS pada jenjang pendidikan dasar berbeda dengan jenjang pendidikan menengah, dan juga dengan jenjang pendidikan tinggi.
Pada jenjang pendidikan dasar, ruang lingkup pengajaran IPS dibatasi sampai gejala dan masalah sosial yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah. Terutama gejala dan masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar peserta didik MI/SD.
Pada jenjang pendidikan menengah, ruang lingkup kajian semakin diperluas. Begitu juga pada jenjang pendidikan tinggi, bobot dan keluasan materi dan kajian semakin dipertajam dengan berbagai pendekatan. Pendekatan inter-disipliner atau multi-disipliner dan pendekatan sistem menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan, karena IPS pada jenjang pendidikan tinggi menjadi sarana melatih daya pikir dan daya nalar mahasiswa secara berkesinambungan.

Sebagaimana telah dikemukakan di atas, bahwa yang dipelajari IPS adalah manusia sebagai anggota masyarakat dalam konteks sosialnya, maka ruang lingkup kajian IPS meliputi:
a.        Substansi materi Ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat (aspek teoritis).
b.       Gejala, masalah dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat (aspek praktis).
Kedua lingkup pengajaran IPS ini harus diajarkan secara terpadu, karena pengajaran IPS tidak hanya sekedar menyajikan materi-materi yang akan memenuhi ingatan peserta didik, melainkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, pengajaran IPS harus menggali materi-materi yang bersumber pada masyarakat. Dengan kata lain, pengajaran IPS yang melupakan masyarakat atau yang tidak berpijak pada kenyataan di dalam masyarakat tidak akan mencapai tujuannya.

3.Tujuan IPS
          Sama  halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang  lebih tinggi. Secara hirarki,  Tujuan Pendidikan Nasional pada tataran oprasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini, secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran. Pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS. Akhirnya tujuan kurikuler ini, secara praktis oprasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran

Dalam sub bahasan ini, dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS.Tujuan kurikuler  IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi:

a.    Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
b.   Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
c.    Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.     
d.   Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupannya yang tidak terpisahkan.
e.    Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan, perkembangan masyarakat, perkembangan ilmu dan teknologi.

    Dari lima tujuan di atas, terdapat ditemukan tujuan kunci yakni menjadikan peserta didik menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Bertanggung jawab bermakna pesetta didik tahu kewajiban dan tahu haknya. Orang yang tahu kewajiban cenderung akan melakykakn kewajiban terlebih dahulu baru meminta haknya. Demikian juga orang yang tahu haknya tidak akan mengambil hak orang lain yang bukan haknya. Oleh karena itu seorang guru hatus mampu mengarahkan pembelajaran IPS dalam rangka pencapaian tujuan IPS yakni peserta diidk yang bertanggung jawab. Hal ini yang harus dicapai dalam pelaksanaan kurikulum IPS di berbagai lembaga pendidikan. Tentu dengan keluasan, kedalaman dan bobot yang sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan yang dilaksanakan.

C.   Latihan
Kerjakan tugas  berikut ini secara kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
Bacalah uraian materi pada bab ini tentang  ruang lingkup dan tujuan pembelajaran IPS. Kemudian diskusikan dalam kelompok contoh materi Ips yang bersifat praktis dan  ciri-ciri warga negara yang bertanggung jawab. Buatlah  hasil analisis kelompok saudara dalam bentuk laporan tertulis.


D.  Rangkuman
IPS adalah fusi atau perpaduan dari beberapa disiplin ilmu sosial (sejarah, geokrafi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik dan psikologi sosial) yang dipelajari mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tinggi.
Adapun ruang lingkup kajian IPS meliputi:  a) substansi materi Ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat yang bersifat teoritis, dan b) gejala, masalah dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat yang bersifat praktis.  Kedua lingkup pengajaran IPS ini harus diajarkan secara terpadu, karena hakekat pembelajaran IPS tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktis. Dalam upaya  mencapai tujuan pembelajaran IPS untuk membekali peserta didik: a) yang memiliki pengetahuan sosial, b) mampu mengidentifikasi, menganalisa dan mencari alternatif pemecahan masalah-masalah sosial dalam masyarakat, c) mampu berkomunikasi dalam masyarakat, d) memiliki kesadaran, keterampilan dan sikap mental yang positif dalam bermasyarakat, serta e) mampu mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai perkembangan masyarakat dan IPTEK, yang kelima tujuan ini bermuara pada terciptanya peserta didik yang bertanggung jawab dalam makna yang lebih luas yakni tahu kewajiban dan tahu haknya.

E. Penilaian.

1. Jelaskan pengertian IPS menurut beberapa ahli ! (bobot 30)
2. Identifikasi dan klasifikasikan ruang lingkup IPS! (bobot 40)
3. Jelaskan tujuan pembelajaran IPS! (bobot 30)



3 komentar: