Blogger Widgets

IsdiQLia

Minggu, 14 Desember 2014

PERSAMAAN, PERBEDAAN DAN HUBUNGAN IPS DENGAN ILMU-ILMU SOSIAL




 PERSAMAAN, PERBEDAAN DAN HUBUNGAN IPS  DENGAN ILMU-ILMU SOSIAL

A. Pengantar

Bab ini membahas IPS sebagai ilmu sosial dan kajian sosial untuk memperluas pengertian IPS dan memperdalam salah satu ruang lingkup kajian IPS yang telah dikenalkan pada  bab  ke satu dari  bahan perkuliahan ini. Pembahasan pada baba ini bertujuan agar mahasiswa-mahasiswi  calon guru IPS mampu memahami IPS sebagai ilmu sosial dan kajian sosial. Secara lebik spesifik pembahasan pada baba ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan IPS sebagai ilmu-ilmu sosial, 2) menjelaskan IPS sebagai kajian sosial, dan 3) menganalisis persamaan dan perbedaan IPS sebagai ilmu sosial dan kajian sosial.

B. Uraian Materi

1.   Pengertian Ilmu Sosial (Social Science)

 Secara etimologi, ilmu sosial berasal dari bahasa Inggris social science. Kata social berarti sosial sedang kata science bermakna ilmu. Dengan demikian, secara literal social science mempunyai makna ilmu sosial.  Seangkan secara terminologi, sampai saat ini belum terdapat kesatuan pendapat dan rumusan yang jelas di antara para ahli berkenaan dengan batasan atau pengertian social science (ilmu-ilmu sosial). Sebagai panduan memahami masalah tersebut, di sini dikemukakan beberapa batasan atau pengertian social science.
a. The social science is the study of the group life of man. The social
    scientist is interested in all the form which human relationships take in organized groups.
b. The social sciences are these subjects that relate to the origin,
    organization and development of human society, especially, to man and his association with other man.
c. Social sciences: the branch of knowledge that deal with human society or itscharacteristic elements, as family, state, or race, and with the relationand well being as a member of an organized community. one of a group of sciences dealing with special phases of human society, such as economics, sociology, and politics. a term some times applied to the scholarly matrials concern with the detailed, systematic, and logical study human being, and their interrelation.
Dari batasan-batasan  di atas, dapat dipahami bahwa ilmu-ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan masyarakat, problem dalam masyarakat, serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Senada dengam kesimpulan tersebut, Mukmina (2008 : 7) mendefinisikan ilmu sosial sebagai ilmu yang bidang kajiannya berupa tingkah laku manusia dalam konteks sosialnya. Termasuk dalam ilmu sosial adalah geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, psikolog, dan ilmu politik, yang pada umumnya merupakan hasil kebudayaan manusia.

2.   Pengertian IPS (Social Studies)

Terdapat banyak pengertian IPS yang diberikan oleh para ahli. Di
menggunakan bagian-bagian tertentu dari ilmu sosial.
b. antara pendapat tersebut diuraikan berikut.
a. Menurut Nasution (1975), IPS adalah bidang studi yang merupakan fusiatau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dapat juga dikatakan bahwaIPS merupakan mata pelajaran ya ng Kurikulum 1975 mendefinisikan IPS sebagai bidang studi merupakan panduan atau fusi dari sejumlah mata pelajaran sosial.
c. IPS adalah bidang studi yang menghormati, mempelajari, mengolah dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benar-benar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, dan disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah-sekolah. (Pedoman IPS-IKIP Surabaya)
d. Tjokrodikarjo (1982) mendefinisikan IPS sebagai perwujudan dari suatu pendekatan interdisiplin dari ilmu-ilmu sosial. Ia merupakan integrasi berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia. IPS dipolakan untuk tujuan-tujuan instruksional dengan materi sederhana, menarik, mudah dimengerti dan dipelajari.
Dari pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan, bahwa IPS adalah pelajaran atau bidang studi yang merupakan fusi (paduan) dan integrasi ilmu. Ilmu sosial yang dikemas dengan materi yang sederhana, menarik, mudah dimengerti dan dipelajari untuk tujuan instruksional di sekolah. Latar belakang dimasukkannya IPS pada kurikulum sekolah di Indonesia (SD/ MI, SMP, dan SMU) berbeda dari hal serupa di Inggris dan Amerika. Perkembangan sekolah di Indonesia terjadi akibat penyelenggaraan sekolah formal selama masa penjajahan. Oleh karenanya, materi pelajaran di sekolah kebanyakan merupakan kelanjutan dari kurikulum pendidikan warisan Belanda dan Jepang.Preston memberikan sejumlah alasan mengapa IPS perlu diberikan sejak tingkat pendidikan dasar. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak masalah sosial yang luas, kompleks dan sulit yang memerlukan pemecahan. Anak-anak perlu menyadari bahwa mereka hidup dalam keadaan sulit yang tidak mungkin dapat segera diatasi. Untuk itu, cara-cara yang rasional diperlukan sebagai wahana pemecahannya. IPS memberikan berbagai informasi, ide-ide dan metode untuk menyelidikinya, yang dapat memberikan kepuasan, kehidupan intelektual dan meletakkan dasar toleransi bagi

3.       Persamaan dan Perbedaan IPS dengan Ilmu Sosial

Menurut Edgar B Wesley (Mukminan dkk. 2002 : 17), persamaan antara social studies dengan social sciences terletak pada sasaran nya yakni sama menjadikan manusia sebagai sasaran atau obyek kajiannya, manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Keduanya membahas masalah yang timbul akibat hubungan (interrelationship) manusia. Dengan kata lain, keduanya mempelajari masyarakat manusia. Adapun perbedaan antara ilmu-ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial terletak pada tujuan masing-masing. Ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan konsep dan generalisasi melalui penelitian ilmiah, dengan melakukan hipotesis untuk menghasilkan teori atau teknologi baru. Sementara itu, tujuan ilmu pengetahuan sosial bersifat pendidikan, bukan penemuan teori ilmu sosial. Orientasi utama studi ini adalah keberhasilannya mendidik dan membuat siswa mampu mengerjakan ilmu pengetahuan sosial, berupa tercapainya tujuan intruksional. Dari uraian tersebut, ilmu pengetahuan sosial menggunakan bagian-bagian ilmu sosial guna kepentingan pengajaran. Untuk itu, berbagai konsep dan generalisasi ilmu sosial harus disederhanakan agar lebih mudah dipahami peserta didik-peserta didik yang umumnya belum matang untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut. Hal ini menempatkan keberadaan IPS secara metodologis dan keilmuan dapat dikatakan belum setara dengan ilmu-ilmu sosial.

4.   Hubungan IPS dengan Ilmu-Ilmu  Sosial

Hubungan IPS dan ilmu-ilmu sosial dapat dipahami dengan lebih jelas berdasarkan konsep dasar dan generalisasi IPS yang dikembangkan. IPS merupakan fusi dari beberapa disiplin ilmu sosial. IPS merupakan kajian/bidang studi yang mengambil fakta, konsep, dan generalisasi dari ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan dan dikemas secara menarik untuk keperluan pendidikan. IPS berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial, yang meliputi geografi, ekonomi, politik, sejarah, antropologi, sosiologi, psikologi sosial dan hukum.

a.  Hubungan IPS dan geografi, IPS mengambil materi dari geografi yang terkait dengan ruang bumi, garis lintang, bujur, arah, jarak, lokasi ruang, kondisi alam, tata lingkungan, sumber daya alam, serta interaksi antar bangsa dan manusia dengan lingkungan.
b.  Hubungan IPS dan ilmu ekonomi, IPS mengambil materi ilmu yang ekonomi terkait dengan usaha manusia untuk mencapai kemakmuran, dan gejala-gejala serta hubungan yang timbul dari usaha tersebut.
c.  Hubungan IPS dan ilmu politik, IPS mengambil materi ilmu politik yang membahas usaha manusia mengorganisasikan kekuasaan dalam mengatur manusia dalam mengatur dan menyelenggarakan kepentingan rakyat dan bangsa.
d.  Hubungan IPS dan ilmu sejarah, IPS mengambil materi sejarah yang terkait dengan cara hidup manusia dilihat dari kurun waktu masa lalu.
e.  Hubungan IPS dan antropologi, IPS mengambil materi antropologi yang terkait dengan kajian hasil budidaya manusia dalam menjaga eksistensinya dan usaha meningkatkan kehidupan, baik aspek lahiriah maupun batiniah.
f.   Hubungan IPS dan sosiologi, IPS mengambil materi sosiologi yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan dan hubungan antara individu dan masyarakat tersebut.
g.  Hubungan IPS dan psikologi sosial, IPS mengambil materi dari psikologi sosial yang mempelajari perilaku individu, kelompok, dan masyarakat yang dipengaruhi oleh situasi sosial, pengetahuan, pemikiran, tanggapan, dan spekulasi.
h. Hubungan IPS dan ilmu hukum, IPS mengambil materi ilmu hukum yang berkaitan dengan peraturan tingkah laku yang ditetapkan oleh pemerintah.


C. Latihan

Kerjakan secara individu tugas dibawah ini. Bacalah uraian materi pada bab ini, kemudian analisis hubungan IPS dengan 7( tujuh) ilmu sosial yang merupakan fusi dari IPS. Buatlah  hasil analisis saudara dalam bentuk laporan tertulis.


B.   Rangkuman
Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan masyarakat, problem-problem dalam masyarakat, serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Dengan kata lain, ilmu sosial adalah ilmu yang bidang kajiannya berupa tingkah laku manusia dalam konteks sosialnya. IPS adalah mata pelajaran atau bidang studi yang merupakan paduan dan integrasi ilmu-ilmu sosial yang dikemas dengan materi yang sederhana, menarik, mudah dimengerti dan dipelajari untuk tujuan instruksional di sekolah.
Sebagai social sciences, materi IPS bersumber dari paduan dan integrasi ilmu-ilmu sosial yang telah disederhanakan, disesuaikan dan dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran di sekolah. Sebagai social studies, IPS bukan sekedar pengetahuan, melainkan ilmu pengetahuan yang disusun dan diorganisasikan secara baik menurut kepentingan pendidikan dan pengajaran. Posisi IPS berada di tengahtengah antara ilmu-ilmu sosial dan pengetahuan sosial.
Persamaan social sciences dan social studies terletak pada sasaran yang diselidiki yaitu manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan perbedaan social sciences dan social studies terletak pada tujuan masing-masing.Ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan generalisasi, sedangkan social studies bersifat pendidikan. Selain memiliki t konsepitik temu dan titik beda antara ilmu sosial dengan IPS, juga memiliki dan hubungan yang erat antara IPS dengan masing-masing ilmu sosial seperti IPS berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial, yang meliputi geografi, ekonomi, politik, sejarah, antropologi, sosiologi, psikologi sosial dan hukum.



E. Penilaian.

1. Jelaskan pengertian Ilmu Sosial (social sciences) (bobot : 30)
2. Jelaskan pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (bobot : 30)
3. Analisis persamaan dan perbedaan Ilmu Sposial dengan Ilmu    pengetahuan Sosial (bobot : 40)




































8 komentar:

  1. mending di delete kalau tidak bisa dilihat bro..

    BalasHapus
  2. Terimakasih, sangat membantu calon guru seperti kami😄😄

    BalasHapus
  3. SOLUSINYA CTRL + A ,,
    DAN HASILNYAA MANTAPP, BISA KELIATAN TULISANNYA

    BalasHapus
  4. suka sama kuron nya dan emot cinta-cinta nya yang bisa berjatuhan. lucu pakai banget. keren. thanks a lot untuk ilmu nya, itu juga keren

    BalasHapus
  5. menguji kesabaran dan sekalian tes mata wkkwkw...maksih kak

    BalasHapus