PERSAMAAN, PERBEDAAN DAN HUBUNGAN IPS DENGAN ILMU-ILMU SOSIAL
A.
Pengantar
Bab
ini membahas IPS sebagai ilmu sosial dan kajian sosial untuk memperluas
pengertian IPS dan memperdalam salah satu ruang lingkup kajian IPS yang telah
dikenalkan pada bab ke satu dari
bahan perkuliahan ini. Pembahasan pada baba ini bertujuan agar
mahasiswa-mahasiswi calon guru IPS mampu
memahami IPS sebagai ilmu sosial dan kajian sosial. Secara lebik spesifik
pembahasan pada baba ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan IPS sebagai ilmu-ilmu
sosial, 2) menjelaskan IPS sebagai kajian sosial, dan 3) menganalisis persamaan
dan perbedaan IPS sebagai ilmu sosial dan kajian sosial.
B. Uraian
Materi
1.
Pengertian Ilmu Sosial (Social
Science)
Secara
etimologi, ilmu sosial berasal dari bahasa Inggris social science. Kata social
berarti sosial sedang kata science bermakna ilmu. Dengan demikian,
secara literal social science mempunyai makna ilmu sosial. Seangkan secara terminologi, sampai saat ini
belum terdapat kesatuan pendapat dan rumusan yang jelas di antara para ahli
berkenaan dengan batasan atau pengertian social science (ilmu-ilmu
sosial). Sebagai panduan memahami masalah tersebut, di sini dikemukakan
beberapa batasan atau pengertian social science.
a. The social science is the study of the group life of man.
The social
scientist is interested in all the form which
human relationships take in organized groups.
b. The social sciences are these subjects that relate to the
origin,
organization and
development of human society, especially, to man and his association with other
man.
c. Social sciences: the branch of knowledge that deal with human
society or itscharacteristic elements, as family, state, or race, and with the
relationand well being as a member of an organized community. one of a group of
sciences dealing with special phases of human society, such as economics,
sociology, and politics. a term some times applied to the scholarly matrials
concern with the detailed, systematic, and logical study human being, and their
interrelation.
Dari batasan-batasan di atas, dapat dipahami bahwa ilmu-ilmu sosial
adalah ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan masyarakat, problem dalam
masyarakat, serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada
umumnya. Senada dengam kesimpulan tersebut, Mukmina (2008 : 7) mendefinisikan
ilmu sosial sebagai ilmu yang bidang kajiannya berupa tingkah laku manusia
dalam konteks sosialnya. Termasuk dalam ilmu sosial adalah geografi, ekonomi, sejarah,
sosiologi, antropologi, psikolog, dan ilmu politik, yang pada umumnya merupakan
hasil kebudayaan manusia.
2. Pengertian IPS (Social Studies)
Terdapat
banyak pengertian IPS yang diberikan oleh para ahli. Di
menggunakan bagian-bagian tertentu dari ilmu
sosial.
b. antara pendapat tersebut
diuraikan berikut.
a. Menurut Nasution (1975), IPS adalah bidang
studi yang merupakan fusiatau
paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dapat juga dikatakan bahwaIPS merupakan
mata pelajaran ya ng Kurikulum 1975 mendefinisikan IPS sebagai bidang studi
merupakan panduan atau fusi dari sejumlah mata pelajaran sosial.
c. IPS adalah bidang studi yang menghormati,
mempelajari, mengolah dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan
masalah-masalah human relationship hingga benar-benar dapat dipahami dan
diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk terpadu dari berbagai
ilmu sosial yang telah terpilih, dan disederhanakan sesuai dengan kepentingan
sekolah-sekolah. (Pedoman IPS-IKIP Surabaya)
d. Tjokrodikarjo (1982) mendefinisikan IPS
sebagai perwujudan dari suatu pendekatan interdisiplin dari ilmu-ilmu sosial.
Ia merupakan integrasi berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti sosiologi,
antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia. IPS dipolakan untuk tujuan-tujuan instruksional dengan materi
sederhana, menarik, mudah dimengerti dan dipelajari.
Dari
pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan, bahwa IPS adalah pelajaran atau
bidang studi yang merupakan fusi (paduan) dan integrasi ilmu. Ilmu sosial yang
dikemas dengan materi yang sederhana, menarik, mudah dimengerti dan dipelajari
untuk tujuan instruksional di sekolah. Latar belakang dimasukkannya IPS pada
kurikulum sekolah di Indonesia (SD/ MI, SMP, dan SMU) berbeda dari hal serupa
di Inggris dan Amerika. Perkembangan sekolah di Indonesia terjadi akibat
penyelenggaraan sekolah formal selama masa penjajahan. Oleh karenanya, materi
pelajaran di sekolah kebanyakan merupakan kelanjutan dari kurikulum pendidikan
warisan Belanda dan Jepang.Preston memberikan sejumlah alasan mengapa IPS perlu
diberikan sejak tingkat pendidikan dasar. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat
banyak masalah sosial yang luas, kompleks dan sulit yang memerlukan pemecahan. Anak-anak
perlu menyadari bahwa mereka hidup dalam keadaan sulit yang tidak mungkin dapat
segera diatasi. Untuk itu, cara-cara yang rasional diperlukan sebagai wahana
pemecahannya. IPS memberikan berbagai informasi, ide-ide dan metode untuk
menyelidikinya, yang dapat memberikan kepuasan, kehidupan intelektual dan
meletakkan dasar toleransi bagi
3.
Persamaan
dan Perbedaan IPS dengan Ilmu Sosial
Menurut
Edgar B Wesley (Mukminan dkk. 2002 : 17), persamaan antara social studies
dengan social sciences terletak pada sasaran nya yakni sama menjadikan
manusia sebagai sasaran atau obyek kajiannya, manusia dalam kehidupan
bermasyarakat. Keduanya membahas masalah yang timbul akibat hubungan (interrelationship)
manusia. Dengan kata lain, keduanya mempelajari masyarakat manusia. Adapun
perbedaan antara ilmu-ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial terletak pada
tujuan masing-masing. Ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan konsep
dan generalisasi melalui penelitian ilmiah, dengan melakukan hipotesis untuk
menghasilkan teori atau teknologi baru. Sementara itu, tujuan ilmu pengetahuan
sosial bersifat pendidikan, bukan penemuan teori ilmu sosial. Orientasi utama
studi ini adalah keberhasilannya mendidik dan membuat siswa mampu mengerjakan
ilmu pengetahuan sosial, berupa tercapainya tujuan intruksional. Dari uraian
tersebut, ilmu pengetahuan sosial menggunakan bagian-bagian ilmu sosial guna
kepentingan pengajaran. Untuk itu, berbagai konsep dan generalisasi ilmu sosial
harus disederhanakan agar lebih mudah dipahami peserta didik-peserta didik yang
umumnya belum matang untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut. Hal ini menempatkan
keberadaan IPS secara metodologis dan keilmuan dapat dikatakan belum setara
dengan ilmu-ilmu sosial.
4.
Hubungan
IPS dengan Ilmu-Ilmu Sosial
Hubungan
IPS dan ilmu-ilmu sosial dapat dipahami dengan lebih jelas berdasarkan konsep
dasar dan generalisasi IPS yang dikembangkan. IPS merupakan fusi dari beberapa
disiplin ilmu sosial. IPS merupakan kajian/bidang studi yang mengambil fakta,
konsep, dan generalisasi dari ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan dan dikemas
secara menarik untuk keperluan pendidikan. IPS berhubungan dengan ilmu-ilmu
sosial, yang meliputi geografi, ekonomi, politik, sejarah, antropologi,
sosiologi, psikologi sosial dan hukum.
a. Hubungan IPS dan geografi,
IPS mengambil materi dari geografi yang terkait dengan ruang bumi, garis
lintang, bujur, arah, jarak, lokasi ruang, kondisi alam, tata lingkungan,
sumber daya alam, serta interaksi antar bangsa dan manusia dengan lingkungan.
b. Hubungan IPS dan ilmu
ekonomi, IPS mengambil materi ilmu yang ekonomi terkait dengan usaha manusia
untuk mencapai kemakmuran, dan gejala-gejala serta hubungan yang timbul dari
usaha tersebut.
c. Hubungan IPS dan ilmu
politik, IPS mengambil materi ilmu politik yang membahas usaha manusia mengorganisasikan
kekuasaan dalam mengatur manusia dalam mengatur dan menyelenggarakan
kepentingan rakyat dan bangsa.
d. Hubungan IPS dan ilmu
sejarah, IPS mengambil materi sejarah yang terkait dengan cara hidup manusia dilihat
dari kurun waktu masa lalu.
e. Hubungan IPS dan
antropologi, IPS mengambil materi antropologi yang terkait dengan kajian hasil budidaya
manusia dalam menjaga eksistensinya dan usaha meningkatkan kehidupan, baik
aspek lahiriah maupun batiniah.
f.
Hubungan
IPS dan sosiologi, IPS mengambil materi sosiologi yang mempelajari masyarakat
secara keseluruhan dan hubungan antara individu dan masyarakat tersebut.
g. Hubungan IPS dan
psikologi sosial, IPS mengambil materi dari psikologi sosial yang mempelajari
perilaku individu, kelompok, dan masyarakat yang dipengaruhi oleh situasi sosial,
pengetahuan, pemikiran, tanggapan, dan spekulasi.
h. Hubungan IPS dan ilmu
hukum, IPS mengambil materi ilmu hukum yang berkaitan dengan peraturan tingkah
laku yang ditetapkan oleh pemerintah.
C.
Latihan
Kerjakan
secara individu tugas dibawah ini. Bacalah uraian materi pada bab ini, kemudian
analisis hubungan IPS dengan 7( tujuh) ilmu sosial yang merupakan fusi dari
IPS. Buatlah hasil analisis saudara
dalam bentuk laporan tertulis.
B.
Rangkuman
Ilmu
sosial adalah ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan masyarakat,
problem-problem dalam masyarakat, serta bertujuan untuk mencapai kesejahteraan
masyarakat pada umumnya. Dengan kata lain, ilmu sosial adalah ilmu yang bidang
kajiannya berupa tingkah laku manusia dalam konteks sosialnya. IPS adalah mata pelajaran
atau bidang studi yang merupakan paduan dan integrasi ilmu-ilmu sosial yang
dikemas dengan materi yang sederhana, menarik, mudah dimengerti dan dipelajari
untuk tujuan instruksional di sekolah.
Sebagai
social sciences, materi IPS bersumber dari paduan dan integrasi ilmu-ilmu
sosial yang telah disederhanakan, disesuaikan dan dipilih sesuai dengan tujuan
pembelajaran di sekolah. Sebagai social studies, IPS bukan sekedar pengetahuan,
melainkan ilmu pengetahuan yang disusun dan diorganisasikan secara baik menurut
kepentingan pendidikan dan pengajaran. Posisi IPS berada di tengahtengah antara
ilmu-ilmu sosial dan pengetahuan sosial.
Persamaan
social sciences dan social studies terletak pada sasaran yang diselidiki yaitu
manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan perbedaan social sciences
dan social studies terletak pada tujuan masing-masing.Ilmu sosial
bertujuan memajukan dan mengembangkan generalisasi, sedangkan social studies
bersifat pendidikan. Selain memiliki t konsepitik temu dan titik beda antara ilmu
sosial dengan IPS, juga memiliki dan hubungan yang erat antara IPS dengan
masing-masing ilmu sosial seperti IPS berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial, yang
meliputi geografi, ekonomi, politik, sejarah, antropologi, sosiologi, psikologi
sosial dan hukum.
E.
Penilaian.
1.
Jelaskan pengertian Ilmu Sosial (social sciences) (bobot : 30)
2.
Jelaskan pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (bobot : 30)
3. Analisis persamaan dan perbedaan Ilmu
Sposial dengan Ilmu pengetahuan Sosial
(bobot : 40)
mending di delete kalau tidak bisa dilihat bro..
BalasHapusSetuju, blog apaan kaya gini ckck
HapusCTRL + A
HapusTerimakasih, sangat membantu calon guru seperti kami😄😄
BalasHapusSOLUSINYA CTRL + A ,,
BalasHapusDAN HASILNYAA MANTAPP, BISA KELIATAN TULISANNYA
terimakasih sangat membantu
BalasHapussuka sama kuron nya dan emot cinta-cinta nya yang bisa berjatuhan. lucu pakai banget. keren. thanks a lot untuk ilmu nya, itu juga keren
BalasHapusmenguji kesabaran dan sekalian tes mata wkkwkw...maksih kak
BalasHapus